Buntut Kesalahan VAR, Komisi Wasit Premier League Gelar Rapat Darurat

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 13 Februari 2023
Buntut Kesalahan VAR, Komisi Wasit Premier League Gelar Rapat Darurat
Arsenal menjadi salah satu klub yang dirugikan dari kesalahan fatal petugas VAR. (Twitter)

BolaSkor.com - Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) tak tinggal diam melihat terjadinya dua kesalahan fatal terkait VAR pada lanjutan Premier League 2022-2023. Komisi wasit Inggris tersebut langsung menggelar rapat darurat.

Dua kesalahan fatal yang dilakukan petugas VAR memang baru saja terjadi pada Sabtu (11/2). Hal itu terjadi pada laga Arsenal vs Brentford dan Crystal Palace vs Brighton & Hove Albion.

Pada laga Arsenal kontra Brentford, petugas VAR ceroboh dalam memeriksa proses gol penyama kedudukan tim tamu yang dicetak Ivan Toney pada menit ke-74. Dari tayangan ulang, Christian Norgaard terlihat berada dalam posisi offside sebelum memberikan assist.

Baca Juga:

Pep Guardiola Tegaskan Gelar Manchester City Dilarang Dicopot

Dikritik Warganet di Medsos, Harry Maguire Dibela David De Gea

Daftar Cedera Pemain Liverpool Bertambah, Thiago Alcantara Absen Sebulan

PGMOL kemudian mengakui petugas VAR lupa menarik garis untuk mengecek apakah ada offside dalam proses gol tersebut. Lee Mason yang merupakan mantan wasit bertanggung jawab penuh terkait kecerobohan ini.

Kesalahan tersebut tentu sangat merugikan Arsenal. Apalagi The Gunners kini tengah bersaing sengit untuk merebut gelar juara.

Beberapa jam kemudian, kesalahan yang tak kalah konyol terjadi saat Crystal Palace menjamu Brighton di Selhurst Park. Petugas VAR yang dikomandoi John Brooks menarik garis yang salah saat menganulir gol tim tamu yang dicetak Pervis Estupinan.

Kesalahan VAR pada laga Crystal Palace kontra Brighton

Dari tayangan VAR, Brooks terlihat jelas salah menentukan bek terakhir Crystal Palace karena masih ada pemain lain yang berada di belakangnya. Brighton pun dirugikan karena laga berakhir imbang 1-1.

Ketua komisi wasit Inggris, Howard Webb, tak tinggal diam melihat situasi ini. Ia langsung menggelar rapat darurat yang dijadwalkan berlangsung di Stockley Park, Selasa (14/2) besok.

Dalam pertemuan tersebut, Webb memanggil para pengadil yang bertugas di Premier League. Seluruh wasit utama, hakim garis, dan petugas VAR wajib hadir tanpa terkecuali.

Dua kesalahan fatal tersebut memang mencoreng citra Premier League dan wasit Inggris. Webb bahkan telah mengajukan permintaan maaf khusus kepada Arsenal dan Brighton.

"Kedua insiden, yang disebabkan oleh kesalahan manusia dan terkait dengan analisis situasi offside, sedang ditinjau secara menyeluruh.," bunyi pernyataan resmi PGMOL.

Webb kemungkinan akan memberikan hukuman berat kepada para pengadil yang melakukan kesalahan fatal tersebut. Menariknya, Brooks dijadwalkan kembali menjadi petugas VAR pada laga Derby Merseyside dan Arsenal vs Manchester City, tengah pekan ini.

Premier League VAR Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan