Bupati Malang Ajukan Setengah Triliun Rupiah untuk Renovasi Stadion Kanjuruhan

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 19 Oktober 2022
Bupati Malang Ajukan Setengah Triliun Rupiah untuk Renovasi Stadion Kanjuruhan
Stadion Kanjuruhan. (Istimewa)

BolaSkor.com - Stadion Kanjuruhan Malang dipastikan segera berubah tampilan menjadi lebih megah dan modern, seusai merekam jejak kelam dari tragedi yang menewaskan ratusan orang pasca Derbi Jatim antara Arema FC versus Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10) lalu.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo langsung memberi instruksi untuk melakukan audit teknis terkait kelayakan stadion. Tugas ini lantas dirampungkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Kamis (13/10) lalu.

Kementerian PUPR lantas menyimpulkan bahwa markas Arema FC itu mesti direnovasi total. Ada 7 rekomendasi dengan 3 diantaranya berkaitan langsung dengan insiden, yang menjadi acuan untuk renovasi Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga:

Skuat Persija Kembali Berlatih, Thomas Doll Antusias Siapkan Program

Korban Meninggal Dunia Tragedi Kanjuruhan Bertambah Menjadi 133 Orang

"Anggarannya dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara). Semoga bisa dimulai tahun 2023 nanti dan selama satu tahun selesai," ucap Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Sehubungan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Malang juga sudah mengalokasikan pengajuan anggaran dalam renovasi di Stadion Kanjuruhan. Pemkab Malang mengajukan anggaran lebih dari setengah triliun rupiah berdasarkan kajian bersama Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya.

"Stadion (Kanjuruhan) yang membiayai langsung dari presiden. Kami mengajukan Rp580 Miliar untuk renovasi beberapa bagian, terutama safety (aspek keselamatan) nya," tutur Bupati Malang, Sanusi.

"Berdasarkan kajian bersama (Dinas) Cipta Karya, (bagian) yang direnovasi adalah sebesar itu (anggarannya)," tambahnya. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Stadion kanjuruhan Liga 1 Arema FC
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan