Bursa Transfer Januari Premier League Tembus Rp8,1 Triliun

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 01 Februari 2018
Bursa Transfer Januari Premier League Tembus Rp8,1 Triliun
Olivier Giroud resmi jadi pemain Chelsea. (ChelseaFC)

BolaSkor.com - Jendela transfer musim dingin sudah ditutup. Klub-klub Premier League mendominasi bursa Januari musim ini, khususnya dalam hal nilai transfer.

Pada hari terakhir jendela transfer pada 31 Januari kemarin, klub-klub Premier League tercatat mengeluarkan 150 juta pounds atau sekitar Rp2,8 triliun. Menurut data dari Deloitte's Sports Business Group, total untuk bursa Januari ini, klub-klub Premier League sudah menggelontorkan 430 juta pounds atau sekitar Rp8,1 triliun.

Transaksi terbesar pada hari terakhir ketika Arsenal berhasil menggaet Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund. Pemain Gabon itu berganti kostum setelah Arsenal membayar 56 juta pounds kepada Dortmund.

Pada hari yang sama, rival Arsenal, Tottenham Hotspur sukses menggaet Lucas Moura dari Paris Saint-Germain. Gelandang serang Brasil ini digaet dengan nilai 23 juta pounds. Transfer besar lain yang terjadi pada masa tenggat antara lain Olivier Giroud dari Arsenal ke Chelsea senilai 18 juta pounds dan Andre Ayew dari West Ham United ke Swansea City dengan nilai yang sama.

Nilai transfer pada hari terakhir bursa Januari musim ini, 150 juta pounds, merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah Premier League. Memecahkan rekor sebelumnya pada 2011 dengan nilai transfer 135 juta pounds.

Sementara itu, nilai transfer yang terjadi pada bulan Januari 2018, 430 juta pounds, juga merupakan tertinggi sepanjang sejarah Premier League. Mengalahkan nilai transfer tertinggi sebelumnya pada 2011 dengan 205 juta pounds.

Sedangkan predikat pemain dengan nilai transfer tertinggi di bursa transfer Premier League menjadi milik Virgil van Dijk yangn didatangkan Liverpool dari Southampton senilai 75 juta pounds. Disusul Aymeric Laporte yang dibeli Manchester City dari Athletic bilbao senilai 57 juta pounds. Yang menarik kedua transfer tertinggi di Premier League tersebut adalah untuk pemain belakang.

Musim ini klub-klub Premier League, terutama penghuni papan atas, sangat boros dalam belanja pemain baru. Menurut Deloitte, klub-klub Premier League total sudah mengeluarkan sekitar 1,9 miliar pounds pada musim ini.

Catatan nilai transfer Premier League jauh lebih besar dibandingkan dengan liga-liga lain di Eropa. Meski Barcelona mencatat rekor pembelian saat mendatangkan Philppe Coutinho dari Liverpool seharga 142 juta pounds. Total, pada Januari ini klub-klub La Liga tercatat mengeluarkan dana 250 juta pounds.

Bursa transfer Premier League
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan