BolaSkor.com - Awal tahun 2020 mengartikan juga dibukanya bursa transfer musim dingin yang setiap tahunnya terjadi pada Januari. Bursa transfer musim dingin sedianya dipandang 'sebelah mata' karena tak banyak transfer besar yang terjadi.

Biasanya hanya segelintir klub yang merekrut pemain untuk menambah celah di beberapa area yang jadi titik lemah. Bisa juga untuk menggantikan pemain-pemain yang cedera.

Akan tapi stigma itu mulai berubah dalam beberapa tahun terakhir. Transfer Januari sudah bisa dibilang sebesar musim panas (meski tidak banyak), seperti halnya transfer Virgil van Dijk pada Januari 2018 ke Liverpool sebesar 75 juta poundsterling dari Southampton.

Baca Juga:

Rumor Transfer Chelsea: Lepas Olivier Giroud, Boyong Timo Werner

6 Pemain yang Punya Potensi Besar Hengkang pada Januari 2020

Selain keseruan transfer di musim dingin, beberapa pemain yang kontraknya berakhir di akhir musim juga dapat berbicara atau bebas melakukan negosiasi dengan klub lain. Situasi itu selalu terjadi tiap tahunnya.

Kontraknya tak diperpanjang klub - atau pemain menolak tawaran kontrak baru - dan sang pemain dijual pada Januari, bisa juga dilepas gratis di akhir musim.

Ketika pemain kontraknya berakhir musim maka di enam bulan sebelumnya mereka bisa negosiasi dengan klub lain. Itu aturan tertulis di peraturan Bosman. Di tahun ini pun setidaknya ada 27 pemain top yang bebas melakukan negosiasi dengan tim lainnya.

Lima pemain di antaranya akan dijelaskan oleh BolaSkor.com. Mengulik data dari Marca dan Transfermarkt, berikut penjabaran lengkapnya:

1. Christian Eriksen

Christian Eriksen

Nama yang sudah tidak asing lagi dan dikaitkan dengan Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United. Kontrak Christian Eriksen berakhir di akhir musim dengan klub yang sudah diperkuatnya dari 2013.

Berposisi sebagai gelandang serang, pengalaman dan kualitas Eriksen dapat meningkatkan klub yang dibelanya. Selain punya visi bermain dan operan bagus, Eriksen juga memiliki naluri mencetak gol.

2. Olivier Giroud

Olivier Giroud

Juara Piala Dunia 2018 berpeluang besar hengkang karena jarang bermain di Chelsea saat ini. Kepergiannya juga bisa dijadikan Chelsea sebagai kesempatan mencari penyerang baru. Olivier Giroud, 33 tahun, kabarnya akan kembali ke Prancis dan bermain di Ligue 1.

3. Willian

Willian

Willian, 31 tahun, sedianya ingin bertahan dengan Chelsea. Namun sampai saat ini tidak ada kabar soal perpanjangan kontraknya. Diminati oleh Barcelona, penyerang sayap asal Brasil bisa hengkang meninggalkan klub yang diperkuatnya sejak 2013.

4. Thiago Silva

Thiago Silva

Meski telah berusia 35 tahun, Thiago Silva tetap bek berpengalaman dan berkualitas yang kini memasuki tahun kedelapannya dengan PSG. Saat ini eks bek AC Milan masih bertahan di PSG, namun kontraknya akan habis di akhir musim ini.

5. Nemanja Matic

Nemanja Matic

Jarang dimainkan Ole Gunnar Solskjaer musim ini di Manchester United. Nemanja Matic, 31 tahun, dapat pergi meninggalkan klub yang sudah dibelanya dari 2017 tersebut. Kualitas dan pengalaman bermainnya masih dapat membantu klub yang diperkuatnya.

Berikut 22 nama lainnya yang bebas bernegosiasi dengan tim lain per Januari 2020:

1. Thomas Meunier (PSG)
2. Dries Mertens (Napoli)
3. Blaise Matuidi (Juventus)
4. Adam Lallana (Liverpool)
5. Ever Banega (Sevilla)
6. Ezequiel Garay (Valencia)
7. Artem Dzyuba (Zenit)
8. Jan Vertonghen (Tottenham)
9. Eric Bailly (Man United)
10. Mario Gotze (Dortmund)
11. David Silva (Man City)
12. Nolito (Sevilla)
13. Pedro (Chelsea)
14. Jose Callejon
15. Mikel San Jose (Athletic Club)
16. Santi Cazorla (Villarreal)
17. Ruben Pardo (Real Sociedad)
18. Alvaro Negredo (Al-Nasr)
19. Keko (Malaga)
20. Alvaro Vadillo (Granada)
21. Antonio Puertas (Granada)
22. Alberto Bueno (Boavista)