Bus Mini Tanpa Sopir di Asian Games 2018

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 27 Agustus 2018
Bus Mini Tanpa Sopir di Asian Games 2018
Bus mini tanpa sopir yang bernama “Navya”. (Istmimewa)

BolaSkor.com - Asian Games 2018 hingga saat ini terus menghadirkan banyak momen yang unik dan menarik. Salah satunya adalah bus mini tanpa sopir yang bernama “Navya”. Bus mini yang dibawa oleh Telkomsel ini berada di area Telkomsel 5G Experience Center, Zona 2, GBK, Senayan, Jakarta Pusat.

Bus mini berkapasitas 15 orang ini beroperasi di Kawasan GBK. Para pengunjung Asian Games 2018 bisa menjajal Navya secara cuma-cuma. Kalian bisa coba naik bus mini asal Prancis ini. Ada sejumlah teknologi canggih yang disematkan dalam bus Navya, dan secara khusus juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan berkendara tanpa pengemudi. Bus mini ini nyatanya masih diterapkan di beberapa negara Eropa saja.

Dikutip dari situs resmi Navya, terdapat fitur navigasi dan keselamatan yang sudah menggunakan sistem pendeteksi aktif, sensor Lidar, kamera 360, GPS, IMU, dan masih banyak lainnya.

Bus Navya juga menggunakan Multi-Sensor-Cutting-Edge paling canggih yang berasal dari Prancis. Desainnya yang sederhana membuat sensor tersebut bisa bekerja secara efektif dalam memahami dan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekitar.

Sensor ini juga terhubung dengan komputer yang berfungsi sebagai otak mobil. Berbagai kamera dan fitur pengontrol pun juga disematkan di bus mini ini, seperti Odometry yang berfungsi sebagai pengatur roda dalam hal kecepatan dan berbelok.

Navya diperkuat oleh baterai listrik dengan lithium LiFeP04 yang berkapasitas 33 kWh dan tahan 9 jam selama digunakan. Dengan temperature 0 sampai 40 derajat celcius dan muatan listrik 3.6 kW, pengisian baterai bus mini tersebut membutuhkan waktu 8 jam.

Untuk masalah kecepatan, kalian jangan berharap kalau bus mini ini bisa melaju kencang ya, karena Navya hanya bisa melaju dengan kecepatan maksimal 25km/jam. Bus mini ini juga memiliki tombol darurat yang akan membuat Navya bisa berhenti secara otomatis.

Keren banget! Jam operasional dari bus Navya memang belum ada. Wajar saja, karena Navya masih dalam tahap uji coba.

Asian games 2018 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.995

Bagikan