BolaSkor.com - Cedera panjang membuat tenaga Ernando Ari Sutaryadi tidak dapat digunakan Persebaya Surabaya. Meski begitu, pahlawan Indonesia pada ajang Piala AFF U-16 2018 silam itu tetap dipertahankan Persebaya.

“Nando masih akan bersama kami. Dia termasuk salah satu pemain yang memiliki kontrak panjang,” tegas Candra Wahyudi, manajer Persebaya.

Pemain yang akrab disapa Nando itu menderita cedera bahu. Cedera tersebut dialami saat menjalani pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19. Ia bahkan harus menjalani operasi dan membuatnya absen sampai akhir tahun nanti untuk pemulihan. Alhasil, hanya ada dua kiper yang dimiliki Persebaya. Yakni Rivky Mokodompit dan Angga Saputra.

Baca Juga:

Arema FC Akan Tentukan Nasib Elias Alderete pada Pekan Ini

Jadwal Padat Liga 1 2020, Tidak Ada Libur untuk Skuat Bali United

Karena itu, Bajol Ijo lantas menyeleksi kiper muda dari Elite Pro Academy (EPA). Diantaranya M. Fajar Ali, kiper Persebaya U-18, Andhika Ramdhani dan M. Ulul Arham. Dua nama terakhir merupakan penjaga gawang saat Persebaya juara Liga 1 U-20 2019 lalu.

“Nando harus memulihkan cederanya dengan sebaik-baiknya. kita support ia untuk itu,” kata Candra. “Nando kemarin telepon juga menanyakan ini. Nando masih bagian dari Persebaya untuk beberapa tahun ke depan sesuai kontrak,” tegasnya.

Saat ini, Nando masih jalani pemulihan pasca operasi di Jakarta. PSSI memberikan tempat tinggal yang dekat dengan rumah sakit. Untuk mempermudah kontrol dan terapi. Selama itu, tim pelatih Persebaya juga terus memantau kondisi. Sekaligus menyemangati.

Sementara itu, pelatih kiper Persebaya Benyamin van Breukelen menegaskan jika Nando tidak akan dilepas. Proses seleksi kiper muda yang dilakukan saat ini tidak akan mempengaruhi posisi pemain asli Semarang tersebut.

“Saya terus menyemangati dia. Juga berkoordinasi dengan pelatih kiper timnas untuk pantau perkembangan paca operasi. Bahwa kami harus tambah satu lagi karena terlalu riskan hanya dengan dua penjaga gawang,” jelasnya. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)