BolaSkor.com - Konfederasi sepak bola Asia (AFC) dijadwalkan melakukan inspeksi ke Indonesia. Kunjungan ini berkaitan dengan bidding Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Dalam suratnya ke PSSI, AFC menyebut bahwa timnya akan mengunjungi Indonesia awal September nanti. Tepatnya pada 1-4 September 2022.

Setelah itu tim dari AFC akan bertolak ke calon tuan rumah lainnya, Australia, pada 4-7 September 2022. Pada tanggal yang sama, AFC juga akan menyambangi Korea Selatan.

Sedangkan satu calon tuan rumah Piala Asia 2023 lainnya, Qatar, akan menerima kunjungan AFC pada 8-10 September. Qatar juga merupakan host dari ajang sepak bola terakbar sejagat raya, Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung mulai 21 November mendatang.

Baca Juga:

Harga Tiket Diturunkan, Bima Sakti Berharap Suporter Dukung Penuh Timnas U-16

Lebih Banyak Tim Asia di Piala Dunia 2026, AFC Ubah Format Kualifikasi

"Pada tanggal 1 Agustus 2022 kami menerima surat balasan dari AFC. Tentu kami akan menyambut baik kedatangan mereka. AFC akan mengunjungi beberapa stadion yang menjadi calon tempat bertanding," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Yunus Nusi menuturkan, PSSI akan melakukan diskusi internal sebelum memberikan daftar stadion kepada AFC untuk dikunjungi dan dinilai. Rencana awalnya, stadion yang dipersiapkan sebagai venue Piala Asia 2023 sama dengan tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

Stadion-stadion tersebut di antaranya Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang) dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya). Lalu ada Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) serta Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

"Namun, nama-nama stadion akan digodok dulu oleh PSSI sebelum akhirnya diputuskan," ujar Yunus Nusi.