Cara Jitu NOC Minimalkan Potensi Kesalahan Hasil Tes COVID-19 di SEA Games 2021

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 10 Mei 2022
Cara Jitu NOC Minimalkan Potensi Kesalahan Hasil Tes COVID-19 di SEA Games 2021
Raja Sapta Oktohari melepas kontingen Indonesia ke SEA Games 2021 Vietnam (BolaSkor/Johan Kristiandi)

BolaSkor.com - Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengungkap cara jitu untuk meminimalkan kesalahan pada tes COVID-19 yang diakukan para atlet Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam. Okto tak ingin hasil tes yang keliru menghambat para atlet berlaga.

Raja Sapta Oktohari turun langsung melepas rombongan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/5). Pada kesempatan itu, Okto mengungkapkan sejumlah masalah yang dihadapi di Vietnam, termasuk soal tes COVID-19.

Okto mengutarakan, satu di antara atlet Indonesia sempat dinyatakan positif terpapar COVID-19. Namun, karena tidak ingin percaya begitu saja, tim CdM melakukan tes ulang yang mendapatkan hasil berbeda.

Baca Juga:

Lepas Tim Indonesia, Presiden Jokowi Ingin Atlet Raih Prestasi Setinggi-tingginya

CdM Indonesia Harap Para Atlet Termotivasi oleh Arahan Presiden Jokowi

Raja Sapta Oktohari melepas kontingen Indonesia ke SEA Games 2021 Vietnam (BolaSkor/Johan Kristiandi)

“Kita berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik untuk atlet dan ofisial sekaligus mengingatkan bahaya COVID masih menjadi ancaman nyata,” papar Okto ketika ditemui BolaSkor.

“Kita ada pengalaman kickboxing ketika dites di sana hasilnya positif. Untungnya, tim CdM memberikan respons dan melakukan test ulang. Hasilnya ternyata negatif.”

Tak ingin masalah serupa terulang, NOC yang diwakilkan tim CdM telah menyusun strategi. Para atlet yang sudah sampai akan dites mandiri terlebih dahulu.

“Mungkin ini bisa terjadi lagi dan harus segera diantisipasi. Dengan sistem yang sudah kita rancang, atlet yang sudah di sana akan kami tes duluan. Sehingga, hasilnya bisa kami tahu di awal,” tegas Okto.

“Jangan sampai kejadian berulang karena prosesnya menjadi lebih panjang. Jadi, lebih baik kita tahu terlebih dahulu.”

Pada SEA Games 2021, Kontingen Indonesia mengirimkan total 499 atlet. Indonesia akan ambil bagian dalam 32 cabang olahraga (cabor) dari 40 cabor yang dipertandingkan. Pada SEA Games ke-30 yang berlangsung di Filipina pada 2019, Indonesia menduduki peringkat 4.

Raja Sapta Oktohari NOC Breaking News Tim Indonesia SEA Games 2021
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.353

Bagikan