Cara Menentukan Peringkat Babak Grup Piala Dunia 2022 jika Jumlah Poin Sama

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 29 November 2022
Cara Menentukan Peringkat Babak Grup Piala Dunia 2022 jika Jumlah Poin Sama
Timnas Brasil (Twitter Piala Dunia 2022)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 akan memasuki laga pamungkas babak grup. Dalam beberapa grup, terdapat peluang tim dengan jumlah poin yang sama. Lantas, bagaimana cara menentukan peringkat jika ada tim dengan jumlah poin yang sama?

Mulai hari ini, Piala Dunia 2022 memasuki pertandingan terakhir pada babak grup. Para kontestan akan memburu kemenangan demi mendapatkan peringkat terbaik.

Namun, pada beberapa grup, terjadi persaingan yang sengit. Sejumlah tim berpeluang finis dengan jumlah poin yang sama. Lantas, bagaimana cara menentukan peringkat akhir jika ada tim dengan jumlah poin yang sama?

Baca Juga:

Bintang Laga Portugal Vs Uruguay: Sinar Terang Bruno Fernandes

Hasil dan Klasemen Grup G-H Piala Dunia 2022: Portugal ke 16 Besar

Piala Dunia 2022: Timnas Portugal Punya Masalah saat Melawan Tim-tim Amerika Selatan

Cara pertama adalah dengan membandingkan jumlah selisih gol keseluruhan dari tiga laga yang digelar. Itu artinya, kemenangan besar atau kekalahan telak bisa memberikan pengaruh.

Jika masih sama, cara kedua yang dilakukan adalah dengan menghitung jumlah gol masing-masing tim. Jumlah yang paling banyak akan bercokol pada posisi lebih baik.

Langkah ketiga adalah jumlah poin dalam pertandingan antartim (head to head poin). Kemudian, cara berikutnya adalah selisih gol dalam pertandingan antar tim atau head to head selisih gol tim yang jumlah poinnya sama.

Cara kelima adalah dengan membandingkan jumlah gol yang dicetak dalam laga antartim. Jika masih sama, langkah berikutnya adalah dengan menggunakan poin fair play.

Berdasarkan peraturan FIFA, poin fair play terdiri dari beberapa peraturan yaitu minus satu poin untuk kartu kuning, minus tiga poin untuk kartu merah tidak langsung, minus lima poin untuk kartu merah langsung, dan minus lima poin untuk kartu kuning yang dilanjutkan dengan kartu merah langsung.

Jika masih sama juga, FIFA punya cara terakhir. Kali ini, FIFA akan menentukan tim dengan peringkat lebih baik dengan cara undian.

Piala dunia 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.359

Bagikan