BolaSkor.com - Fase grup Piala Eropa 2020 sudah memasuki matchday 2. Tak heran, tim nasional yang berlaga mulai menghitung peluang lolos ke babak 16 besar. Satu di antara jalan yang bisa diperjuangkan adalah menjadi peringkat tiga terbaik.

Pada edisi kali ini, format Piala Eropa serupa dengan episode sebelumnya di Prancis. Akan ada masing-masing dua timdari enam grup yang langsung lolos ke-16 besar.

Dengan begitu, total keseluruhan tim yang lolos baru 12. Oleh karena itu, empat tim lainnya akan diambil dari peringkat tiga terbaik.

Baca Juga:

Prediksi Portugal Vs Jerman: Der Panzer di Ujung Tanduk

Piala Eropa 2020: Deretan Fakta Menarik Jelang Laga Portugal Vs Jerman

Bintang Laga Hungaria Vs Portugal: Cristiano Ronaldo yang Tak Lekang oleh Waktu

Piala Eropa 2020

Melaju dari jalur peringkat tiga terbaik pernah dirasakan Slovakia, Republik Irlandia, Irlandia Utara, dan Portugal pada Piala Eropa 2016. Bahkan, Portugal bisa keluar sebagai juara.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana untuk bisa menjadi empat tim terpilih pada jalur peringkat tiga terbaik?

Pada peraturan UEFA, ada lima tolok ukur untuk menjadi empat tim peringkat tiga terbaik. Pertama-tama tentu saja adalah jumlah poin yang paling tinggi.

Setelah itu, penentuan kedua adalah selisih gol yang lebih unggul. Berikutnya, giliran jumlah gol yang dikreasikan.

Jika belum juga ditemukan pemenangnya, tolok ukur keempat akan dilihat yaitu adalah fair play point. Pada kategori itu, tim yang paling sedikit memiliki kartu pada fase grup akan melenggang.

Ketika empat tolok ukur belum menghasilkan pemenang, maka digunakan cara terakhir yakni peringkat dalam koefisien UEFA ketika turnamen berlangsung.

Nantinya, UEFA memasukkan enam tim yang bercokol pada posisi ketiga klasemen akhir untuk saling disandingkan dengan kriteria di atas. Setelah itu, empat tim berhak melanjutkan langkah bersama 12 tim sebelumnya yang sudah dipastikan lolos.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini