BolaSkor.com - Seperti tim lain, Persija Jakarta tetap berlaga di bulan Ramadan. Terdekat melawan Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (20/5).

Persija harus tetap fit, namun berbagai hal harus dipenuhi. Salah satunya adalah cairan untuk tubuh.

"Jadi pada dasarnya ketika berpuasa itu pastinya para pemain sih kalau sudah menjalani bertahun-tahun sudah tidak begitu kaget. Mereka sudah terbiasa," kata Dokter Persija, Donny Kurniawan.

Donny Kurniawan mengingatkan Ismed Sofyan dkk. menjaga kecukupan cairan tubuh. Itu penting apalagi pemain tetap menjalani rutinitas latihan dan dituntut harus tetap prima saat berlaga.

"Untuk komposisi makanan, saya tidak mengubah banyak. Yang harus diperhatikan saat berpuasa itu harus meminum air yang cukup. Karena pasti setelah berpuasa lebih dari 8 jam dan pastinya kurang cairan sehingga dehidrasi, itu yang harus terpenuhi."

Makanan yang harus dikomsumsi juga diperhatikan. Salah satu yang ditekankan adalah makanan atau minuman yang bisa mengembalikan kadar gula. Donny Kurniawan akan memberikan makanan yang mengandung indeks glikemiknya tinggi sehingga penyerapan makanan lebih cepat.

Pemberian makanan ini mempertimbangkan agar pemain tak cepat drop. Komposisinya sama, yakni karbohidrat yang cukup, protein yang cukup, serta lemak yang cukup.

"Asupan buah-buahan akan mendominasi mengingat kandungan gula mudah diserap terus makanan seperti pasta juga disiapkan karena mudah diserap," jelasnya.

Kebutuhan kalori hariannya juga diingatkan Donny jangan sampai kurang. "Sekali lagi Persija pengaturan menu sudah terstandar jadi tidak banyak perubahan sehingga apapun situasinya kami hanya mengatur komposisi latihan waktu latihan disesuaikan dengan jumlah makanan yang didapat."

"Jam latihannya pun disesuaikan artinya ketika buka jam berapa ada fase di mana mengolah makanan itu menjadi energi dan sehingga latihan tidak terlalu mepet dengan waktu berbuka. Maka dari itu coach menentukan latihan jam 8 lebih baiknya setelah salat teraweh," terangnya.