Carlton Cole Buka Luka Lama Kasus Rasisme John Terry

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 17 November 2020
Carlton Cole Buka Luka Lama Kasus Rasisme John Terry
Kasus rasisme John Terry dan Anton Ferdinand (Twitter)

BolaSkor.com - Kasus rasisme yang melibatkan John Terry dan Anton Ferdinand sembilan tahun silam kembali memanas. Carlton Cole yang pernah menjadi rekan setim keduanya membuka sebuah fakta mengejutkan.

Terry dituduh melakukan hinaan bernada rasis kepada Ferdinand pada laga Queens Park Rangers kontra Chelsea di ajang Premier League, Oktober 2011. Kasus ini bahkan sempat masuk pengadilan.

Dalam tuduhannya, Terry dianggap telah mengeluarkan kata-kata kasar berbau rasis, 'f****** black c***'. Namun hal itu dibantah tegas oleh pemain yang saat itu menjabat sebagai kapten Chelsea dan Timnas Inggris.

Baca Juga:

4 Pemain yang Melakukan Kesalahan Fatal sehingga Gagal Meraih Gelar

Eks Kapten Chelsea Sebut Posisi Maurizio Sarri Dalam Bahaya

Aston Villa Angkat John Terry Jadi Asisten Manajer

Anton Ferdinand dan John Terry

Pengadilan kemudian memutuskan Terry tidak bersalah dalam kasus ini. Namun hampir setahun berselang, FA yang melakukan penyelidikan ulang menganggap sang pemain bersalah sehingga dijatuhi hukuman larangan empat kali tampil dan denda 220 ribu poundsterling.

Namun hingga kasus ini ditutup, Terry tak pernah mengakui perbuatannya. Hal itu akhirnya berbuntut panjang termasuk pencabutan ban kapten Timnas Inggris dan mundurnya Rio Ferdinand selaku kakak Anton dari skuat The Three Lions.

Cole kemudian mengungkap fakta bahwa Terry mengakui perbuatannya tak lama selepas pertandingan tersebut. Mantan penyerang Persib Bandung itu bahkan dimintai tolong untuk menghubungkannya dengan Anton Ferdinand.

"Saya tumbuh bersama JT (John Terry) dan saya tidak melihat sisi dirinya yang seperti itu. Saya kecewa jadi saya menelepon dia dan bertanya mengapa dia melakukan itu?" kata Cole kepada Stoppage Time TV.

"Dia lalu berkata bahwa itu adalah momen kegilaan dan ia tidak tahu mengapa melakukannya."

Tak sampai di situ, Cole menyebut Terry sangat menyesal dengan apa yang dilakukannya. Ia ingin meminta maaf meski nampaknya tak digubris oleh Anton.

"Saya akan bertemu Anton setelah pertandingan dan saya menuju ke hotel untuk bertemu Ashley Cole juga, menghadiri pesta ulang tahun seseorang. Ketika di dalam mobil, saya mendapat telepon dari JT," tambahnya.

"Dia ingin meminta maaf kepada anton, begitulah maksud panggilan itu. Dia menginginkan nomor anton dan saya memberikannya."

Carlton Cole dan John Terry

Pada saat kejadian, Cole sebenarnya tidak sedang memperkuat Queens Park Rangers atau Chelsea. Namun ia punya hubungan yang baik dengan Terry karena satu angkatan saat di akademi Chelsea.

Sementara hubungan Cole dengan Anton Ferdinand terjalin saat ia memutuskan hengkang ke West Ham pada 2006. Keduanya menjadi rekan setim selama dua musim.

Menariknya, perwakilan Terry membantah semua pernyataan Cole. Mereka tetap ngotot kliennya tidak pernah melakukan apa yang dituduhkan.

"John Terry membantah sekuat mungkin tuduhan yang dibuat terhadapnya oleh Carlton Cole. Ia keliru dan itu semua tidak pernah terjadi. Carlton Cole belum pernah menyebutkan hal ini kepada Terry atau mengangkat masalah seperti ini dengannya, FA atau polisi. Alasannya adalah karena kata-kata itu tidak diucapkan," bunyi pernyataan resmi perwakilan Terry.

John Terry Carlton Cole Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan