BolaSkor.com - Penantian liga-liga top Eropa untuk kembali menggulirkan kompetisi akhirnya terjawab. Premier League, LaLiga, dan Serie A telah mengumumkan kapan kompetisi akan kembali dijalankan.

Pandemi virus corona tidak hanya mengganggu sektor kesehatan dan perekonomian, namun juga olahraga. Sejumlah kompetisi dihentikan sementara untuk menekan dampak penyebaran.

Setelah situasi membaik, wacana memulai kembali kompetisi pun mulai bermunculan. Nantinya, kompetisi akan dimainkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Satu di antaranya adalah melarang suporter datang langsung ke stadion.

Baca juga:

Dapat Lampu Hijau, Serie A Bisa Dilanjutkan 20 Juni

New Normal Menandakan Akhir Keuntungan Status Tuan Rumah di Dunia Sepak Bola

Premier League Resmi Kembali Bergulir 17 Juni, Dibuka Man City Vs Arsenal

Premier League

Bundesliga mengambil langkah terlebih dahulu dengan melanjutkan kejuaraan. Sementara itu, Eredivisie dan Ligue 1 memilih jalan yang berbeda yakni menghentikan permanen.

Kabar baiknya, Premier League, LaLiga, dan Serie A tidak mengikuti langkah tersebut. Ketiga kompetisi itu memutuskan kembali memutar roda kompetisi.

LaLiga adalah kompetisi yang terlebih dahulu mengumumkan tanggal main. Kompetisi nomor satu di Spanyol tersebut rencananya dimulai pada 11 Juni. Kepastian tersebut didapat setelah pemerintah Spanyol memberikan lampu hijau.

Nantinya, jadwal akan disusun dengan padat. Bahkan, berkembang kabar akan ada pertandingan pada setiap harinya. Laga pembuka adalah Sevilla melawan Real Betis.

Sementara itu, Premier League memutuskan 17 Juni sebagai tanggal kembalinya kompetisi. Seluruh tim telah bersiap dengan melakukan latihan.

"Hari ini kami sepakat kembali melanjutkan Premier League pada Rabu, 17 Juni. Namun, tanggal tersebut belum bisa dipastikan hingga persyaratan kesehatan terpenuhi. Kesehatan dan keselamatan peserta dan suporter adalah kepentingan utama," kata Ketua Eksekutif Premier League, Richard Masters.

Pertandingan yang akan menandai kembalinya Premier League adalah Manchester City melawan Arsenal. Setelah itu, ada duel Aston Villa kontra Sheffield United.

Tak lama berselang, Serie A menyusul langkah Premier League dengan mengumumkan tanggal kembalinya kompetisi. Serie A memilih 20 Juni.

"Italia membaik dan langkah tepat kembali memulai sepak bola. Titik terangnya adalah kami bisa menyatakan Serie A boleh main lagi pada 20 Juni," tegas Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, seperti diwartakan Reuters.

Sebelum Serie A, sepak bola di Italia terlebih dahulu beraksi melalui Coppa Italia. Kompetisi yang sudah memasuki babak semifinal itu akan dilangsungkan pada 13 Juni.

Dengan begitu, penantian kembalinya kompetisi Eropa akhirnya akan segera berakhir. Mari kita menyambut kembali liga-liga top Eropa.