BolaSkor.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka peluang untuk mengeluarkan izin kompetisi, baik Liga 1 dan 2 musim 2021. Ia memberikan catatan agar izin tersebut benar-benar keluar.

Peluang disampaikannya saat pemberian izin untuk turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021. Turnamen pramusim ini akan digelar pada 20 Maret mendatang.

Ada 20 klub yang ikut serta, 18 tim dari Liga 1 dan dua tim dari Liga 2. PSMS Medan dan Sriwijaya FC yang mewakili Liga 2.

Nantinya, 20 tim akan dibagi dalam empat grup wilayah, yakni Kota Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang sebagai venue. Opsi lain yakni Samarinda, Lampung, dan Palembang.

Format turnamen menggunakan single round robin. Juara serta tiga tim runner-up terbaik dari masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar.

Di delapan besar, format menggunakan sistem single match. Jika hasil akhir imbang akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu hingga adu penalti. Begitupun babak semifinal dan final.

Baca Juga:

Kapolri Berikan Izin untuk Turnamen Pramusim Piala Menpora

Persib Siap Jadi Tuan Rumah Piala Menpora 2021

"Di tahap awal pak Menpora akan menyelenggarakan dalam bentuk prakompetisi. Kita akan lihat apakah penyelenggaraan tersebut diselenggarakan sesuai syarat-syarat. Apabila syarat-syarat dilaksanakan, kami akan berikan evaluasi secara bertahap," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan agar penyelenggaraan Piala Menpora 2021 dengan komitmen kuat, termasuk dalam menjalankan aturan dan protokol kesehatan.

"Kegiatan, pertandingan seperti di luar negeri, sementara pertandingan tanpa penonton. Ini jadi salah satu yang akan kita coba."

"Artinya jika itu berjalan dengan baik dan penegakan aturan kesehatan berjalan baik, maka terkait program kompetisi selanjutnya kita beri kelonggaran, tapi jika tidak berjalan dengan baik karena menyangkut keselamatan rakyat, masyarakat, tentu akan dilakukan evaluasi-evaluasi."

Ia juga berharap pada suporter dan meminta untuk menonton di rumah saja. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan.

"Dibuka ruang untuk menonton lewat televisi, berbayar atau saluran tidak berbayar, atau streaming, sehingga bisa menonton."

"Saya meminta tidak nobar dulu, karena akan berdampak terhadap penyelenggaraan selanjutnya. Kalau sama-sama cinta klub, sama-sama dukung, kita nonton dari rumah saja. Tonton di televisi, tonton secara streaming," tambahnya.