Catatan Gelap Achmad Hisyam Tolle, Si 'Pendekar Kungfu' saat PSIM Vs Persis Solo

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 22 Oktober 2019
Catatan Gelap Achmad Hisyam Tolle, Si 'Pendekar Kungfu' saat PSIM Vs Persis Solo
Achmad Hisyam Tolle. (LIB)

BolaSkor.com - Achmad Hisyam Tolle kembali menjadi sorotan. Bukan karena prestasi, melainkan sikap bodoh di sepak bola Indonesia.

Terbaru ia menjadi perhatian menyusul tendangan kungfu dalam laga antara PSIM Jogja dengan Persis Solo di Stadion Mandala Krida, Senin (21/10), dalam partai pamungkas babak pendahuluan Liga 2 2019.

Tanpa rasa malu, Hisyam Tolle yang tak mengenakan baju menerjang penggawa Persis Solo, Shulton Fajar, yang tengah berdiri di pinggir lapangan. Hisyam Tolle sebelumnya sudah dikeluarkan wasit akibat pelanggaran. Aksinya terekam kamera, termasuk dari tribun Stadion Mandala Krida, hingga viral.

Baca Juga:

Daftar 8 Klub yang Melaju ke Babak Delapan Besar dan 5 Tim Terdegradasi

PSMS Medan dan Martapura FC Pastikan Turut ke Babak Delapan Besar

Perilaku buruk Hisyam Tolle tak sampai di situ. Mantan pemain PSS Sleman, Persiba Balikpapan, PBFC, dan PSM Makassar itu dilaporkan melakukan intimidasi terhadap wartawan.

Ia meminta wartawan untuk menghapus foto, terutama saat kejadian yang melibatkan dirinya. Sikap Achmad Hisyam Tolle menuai kecaman, termasuk dari kalangan wartawan.

Perilaku buruk ini menambah catatan gelap Achmad Hisyam Tolle di sepak bola Indonesia. Sebelumnya, sejumlah persoalan telah membayangi karier sepak bolanya. Apa saja?

1. Terlibat Perkelahian dengan Rekan Setim

Hisyam Tolle pernah terlibat perkelahian dengan rekan setim ketika berbaju tim bernama Persebaya yang kini Bhayangkara FC. Perkelahian terjadi setelah benturan dengan Alfin Tuasalamony.

Hisyam Tolle seperti dilaporkan melakukan tekel keras dan membuat Alfin tidak terima. Perkelahian juga melibatkan Manahati Lestusen, yang dikenal dekat dengan Alfin.

2. Tendangan ke Gerald Pangkali

Tendangan bak pendekar kungfu juga pernah ditampilkan Hisyam Tolle saat membela PSM Makassar melawan PBFC di ISC A 2016.

Tendangan diarahkan ke Gerald Pangkali. Beruntung Gerald bisa menangkap kaki Hisyam Tolle.

Hisyam Tolle dan Pangkali kemudian dikartu merah. Beberapa hari kemudian, keduanya mendapat hukuman berupa larangan bermain di tiga pertandingan.

3. Dijatuhi Hukuman oleh Persiba Balikpapan hingga Mundur

Hisyam Tolle pernah mendapat hukuman dari manajemen Persiba. Ia harus berlatih terpisah, dilaporkan karena indisipliner. Ia kemudian memutuskan mundur dari Persiba.

4. Pelanggaran Kerasnya Memunculkan Respons Robert Rene Alberts kepada Wasit

Achmad Hisyam Tolle sempat melakukan tekel keras saat memperkuat Borneo FC dalam laga kontra PSM Makassar pada Oktober 2018. Tekel ke Guy Junior dilanjutkan dengan wajah menantang, mendapat perhatian, terutama dari pelatih PSM saat itu, Robert Rene Alberts. Pelatih asal Belanda itu lebih mengomentari keputusan wasit.

5. Dicoret PSS Sleman

Hisyam Tolle pernah dicoret dari skuat PSS Sleman. PSS Sleman mengambil pertimbangan psikis atau kepribadian dalam keputusan pencoretan.

Achmad hisyam tolle PSIM Jogja Liga 2 Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan