Catatan Statistik Menarik di Balik 400 Penampilan David De Gea bersama Manchester United

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 16 Juli 2020
Catatan Statistik Menarik di Balik 400 Penampilan David De Gea bersama Manchester United
David De Gea (premierleague.com)

BolaSkor.com - David De Gea mencatat penampilan ke-400 bersama Manchester United. Catatan yang terbilang panjang bagi seorang penjaga gawang di Manchester United, bahkan lebih daripada sang legenda Peter Schmeichel.

Ya, kiper asal Spanyol itu kini mengambil alih posisi Schmeichel sebagai pemain asing United dengan penampilan terbanyak sepanjang masa, apapun posisinya. Dalam sejarah, hanya ada 26 pemain yang bisa menembus 400 penampilan bersama United. Dalam daftar elite itu termasuk Lou Macari (401) dan Denis Law (404), yang catatan keduanya bisa dilewati De Gea hingga akhir musim ini.

Baca Juga:

Kemampuan David de Gea Diragukan, Ole Gunnar Solskjaer Pasang Badan

Pecahkan Rekor Peter Schmeichel, David de Gea Malah Minta Maaf

4 Blunder Fatal David De Gea Sepanjang Premier League 2019-2020

De Gea mencatat 400 penampilan dengan rincian 218 kemenangan, 89 imbang, dan 93 kalah. Sepanjang itu De Gea tercatat 412 kali kebobolan dan 141 clean sheet.

Terkait dengan clean sheet, hanya tiga kiper yang memiliki catatan lebih baik daripada De Gea. Ketiga kiper United tersebut adalah, Schmeichel (180), Alex Stepney (175), dan Gary Bailey (161).

Kompetisi

De Gea melakoni debut pada Agustus 2011, saat membela United di ajang Community Shield melawan Manchester City di Wembley. De Gea tercatat sudah 3 kali tampil di ajang Community Shield.

Selain Community Shield, De Gea juga sudah tampil memperkuat United di 6 kompetisi berbeda, Piala Super Eropa (1 penampilan) Premier League (310), Liga Champions League (42), Piala FA (20), Piala Liga (14), dan Liga Europa(10).

Manajer

Sir Alex Ferguson mendatangkan De Gea pada musim panas 2011. Di era Ferguson, De Gea total 80 kali tampil, hingga sang manajer pensiun pada 2013.

Meski United gonta-ganti pelatih selepas Ferguson, De Gea mampu mempertahankan posisi nomor satu. Di era David Moyes, De Gea tampil sebanyak 48 laga, Ryan Giggs (4), Louis van Gaal (92), and Jose Mourinho (113). Saat ini di era Ole Gunnar Solskjaer De Gea sudah menjalani 63 laga.


Lawan

Manchester City merupakan lawan pertama yang dihadapi De Gea ketika berkostum Setan Merah. Man City juga yang menjadi klub yang paling sering dihadapi De Gea dengan 22 kali.

Sedangkan Liverpool menjadi klub paling sering gagal menjebol gawang De Gea. Ya, De Gea mampu mencatat 7 clean sheet saat melawan Liverpool. Selain Liverpool, De Gea juga mencatat 7 clean sheet ketika melawan Crystal Palace.

Secara kesuluruhan, De Gea sudah menghadapi 65 klub berbeda selama membela Man United.


Pemain

Di Man United, David De Gea sudah berbagi lapangan dengan 87 pemain berbeda. Dari 87 pemain tersebut, Chris Smalling merupakan yang paling sering bermain bersama, yaitu dalam 243 pertandingan.

Sedangkan dari pihak lawan, Jordan Henderson dari Liverpool merupakan pemain yang paling sering dihadapi, yaitu dalam 21 laga.

Sepanjang kariernya, De Gea tercatat sukses menggagalkan penalti dari 5 pemain, Robin van Persie (saat di Arsenal) dan Romelu Lukaku (Everton), Leighton Baines (Everton), Steven Gerrard (Liverpool), dan Roman Eremenko (CSKA Moskow).

Penghargaan

Sepanjang kariernya di Manchester United, David De Gea sudah mengklaim 7 trofi; Premier League, Piala FA, Piala Liga, Liga Europa, dan tiga Community Shields.

Di level individual, De Gea pernah menerima penghargaan Sir Matt Busby sebagai pemain terbaik United sebanyak empat kali. Dia juga tiga kali meraih PFA Players Player of the Year, dan Golden Glove award pada musim 2017-18.

Premier League Manchester United David De Gea
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan