CdM dan KBRI Kamboja Koordinasi Kesiapan Akomodasi Kontingen SEA Games

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 12 April 2023
CdM dan KBRI Kamboja Koordinasi Kesiapan Akomodasi Kontingen SEA Games
Tim CdM Kontingen Indonesia bersama perwakilan KBRI Kamboja di Phnom Penh, Kamboja (NOC Indonesia)

BolaSkor.com - Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim, bertolak ke Kamboja untuk bertemu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Phnom Penh, mendiskusikan tentang akomodasi atlet termasuk makanan halal hingga transportasi.

Tim CdM diterima oleh Kuasa Usaha Sementara KBRI Phnom Penh Lauti Nia Astri, Sekretaris Pertama Fungsi Pelindungan WNI KBRI Phnom Penh Teguh Adhi Primasanto, dan Atase Pertahanan RI Phnom Penh Mochammad Rizal.

“Kami membahas koordinasi terkait kesiapan kedatangan kontingen Indonesia ke Kamboja dalam rangka SEA Games," ujar Lexy.

Lebih lanjut, Lexy menambahkan tim CdM juga membahas soal makanan bagi atlet dan ofisial kontingen selama di Kamboja.

Menurutnya, panitia lokal SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) telah memberikan jaminan kepada CdM kontingen Indonesia bahwa mereka akan menyediakan makanan dengan bersertifikasi halal.

“Yang halal dijamin ada sertifikasi halalnya, jadi itu adalah hal yang cukup membantu dan memberikan kenyamanan bagi atlet Indonesia, yang bersama Malaysia dan Brunei Darusallam sebagian besar muslim,” jelasnya.

Selain itu, CdM bersama tim juga meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur di sports village yang berada di area Stadion Nasional Morodok.

Lalu, CdM juga melakukan survei ke beberapa hotel yang kemungkinan besar bakal menjadi tempat tinggal kontingen Indonesia.

"Koordinasi dilanjutkan dengan bagaimana persiapan pembangunan infrastruktur venue sport village di Morodok Stadion. Sekaligus tim CdM melakukan survei ke beberapa hotel yg sekiranya menjadi tempat tinggal para atlet dan kontingen termasuk ada beberapa pilihan-pilihan hotel yang memang terjangkau karena kita harus memastikan kenyamanan sehingga mereka tidak terjebak macet," ucapnya.

CdM Lexy juga mengecek jarak tempuh venue SEA Games 2023 Kamboja yang berada luar Phnom Penh. Saat mencoba, jarak dari Shihanoukville ke Kampot kurang lebih sekitar 45 menit, dan hotel serta penginapan di kawasan tersebut dinilai sudah memadai.

"Setelah dikunjungi dari Shihanoukville ke Kampot tidak jauh, kurang lebih jaraknya bisa ditempuh selama 45 menit. Namun kadang-kadang, kalau jalan santai kurang lebih bisa satu jam sehingga pelayanan dan perhatian dari tim CdM dari Shihanoukville - Kampot - Kep tidak menjadi kendala. Dan, hotel di Kampot dan Kep cukup baik mengingat tidak terlalu banyak cabor disana, tapi ketersediaan fasilitas penginapan dan hotel di Kampot sangat memadai," jelas Lexy.

Lexyndo Hakim SEA Games 2023 SEA GAMES
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan