CdM Lexy Berbalut Adat Palembang di Opening Ceremony SEA Games 2023, Herman Deru: Suatu Kehormatan bagi Warga Sumsel

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 06 Mei 2023
CdM Lexy Berbalut Adat Palembang di Opening Ceremony SEA Games 2023, Herman Deru: Suatu Kehormatan bagi Warga Sumsel
CdM Lexyndo Hakim (putih) mengenakan baju adat Palembang saat defile opening ceremony SEA Games 2023. (NOC/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Aksi Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim, mengenakan pakaian adat Palembang saat acara pembukaan, menuai apresiasi. Salah satunya dari Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru.

Ia bangga pakaian adat daerah yang dipimpinnya itu bisa dilihat penjuru dunia. Menurut Herman Deru, penggunaan pakaian adat Palembang ini bisa mempromosikan budaya Sumatra Selatan ke pentas dunia.

"Ini merupakan kehormatan bagi warga Sumatra Selatan," tutur Herman Deru kepada Merahputih.com, Sabtu (6/5).

"Kami terima kasih kepada tim Indonesia yang ikut mempromosikan pakaian adat Sumatra Selatan. Ini tentu merupakan kehormatan bagi Sumsel dimana kami sedang menggalakkan budaya kami bangkit lagi," jelas dia.

Baca Juga:

Indonesia Tambah Tiga Perunggu dari Obstacle Race dan Vovinam

Sayu Bella Sumbang Medali Emas Keempat untuk Indonesia dari MTB-XCO

Herman Deru berujar, dalam setiap kegiatan di wilayah, selalu ditonjolkan menggunakan pakaian lokal demi menumbuhkan rasa cinta kepada budaya Sumatra Selatan.

Sehingga, dengan ditampilkannya baju khas daerahnya di SEA Games 2023, diharapkan semakin membuat bangga warga Sumatra Selatan.

Sebagai informasi, saat upacara pembukaan atau opening ceremony SEA Games 2023 Kamboja digelar pada Jumat (5/5) di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, CdM Lexyndo Hakim memimpin kontingen Indonesia.

Sedangkan pembawa bendera atau flag bearer adalah perenang Flairene Candrea Wonomiharjo. Dalam defile upacara pembukaan tersebut, Flairene mengenakan baju asal Bali yang biasa dipakai para penari Panji Semirang. Tari Panji Semirang merupakan salah satu tari tradisional yang berasal dari Bali.

CdM Lexy menegaskan bahwa pada saat defile upacara pembukaan SEA Games 2023 pihaknya memang mengusung keberagaman. Sebab, kata dia, keberagaman melambangkan sportivitas dan solidaritas.

"Menggunakan berbagai baju adat Indonesia adalah yang beragam. Keberagaman bisa melambangkan suportivitas dan solidaritas. Terlebih, Indonesia meruapakan paling beragam di Asia," ujar Lexy.

"Baju Palembang karena kain songket merupakan ciri khas pakaian adat Palembang, Sumatra Selatan yang memiliki sebuah harapan dan keberanian," tambahnya.

Penulis: Kanugrahan/MerahPutih.com

SEA GAMES SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.029

Bagikan