BolaSkor.com - Timnas Myanmar tengah dihadapkan masalah serius jelang laga perdana Grup A Piala AFF 2020 melawan tuan rumah Singapura, di National Stadium, Kallang, Minggu (5/12).

Pasalnya, Asian Lions terancam walk out (WO) akibat jumlah pemainnya berkurang secara signifikan. Saat ini, Myanmar hanya memiliki 13 dari 27 pemain yang dibawa ke Piala AFF 2020.

14 pemain mengalami masalah. Empat pemain menagalami cedera dan 10 pemain lainnya harus dites ulang COVID-19. Ini sesuai laporan media Singapura, Straits Times.

Pelatih Myanmar, Antoine Hey, mengatakan dari 13 nama yang siap bertandingan, empat di antaranya berposisi sebagai kiper.

"Ini berarti 14 pemain diragukan untuk tampil melawan Singapura. Kami bisa berakhir dengan hanya 13 pemain termasuk empat kiper. Kami berharap setidaknya memiliki cukup pemain yang siap bermain. Namun, kami tidak yakin kami bisa," kata Hey, dikutip dari Straits Times.

Situasi ini menjadi Myanmar seperti jatuh tertimpa tangga. Sebelumnya, Myanmar dihadapkan oleh masalah beberapa pemain andalannya absen karena menolak panggilan timnas.

Baca Juga:

Singgung Park Hang-seo dan Shin Tae-yong, Pelatih Malaysia Ingin Ukir Sejarah

Park Hang-seo Protes Pemain Vietnam Diberi Makan Daging Ayam Terus

Pemain-pemain itu salah satunya striker andalan Myanmar Aung Thu. Ia menolak bermain karena memprotes kudeta militer pada awal tahun ini.

"Kami mengalami kesulitan sepanjang jalan, yang memaksa kami untuk membuat awal yang baru. Menemukan pemain yang lebih muda ketika tidak ada kompetisi sangat sulit. Saya kembali membangun tim pada Mei 2021, namun skuat tidak kompetitif," tambah pelatih asal Jerman tersebut.

Jika merujuk peraturan FIFA, Myanmar belum bisa dinyatakan WO karena induk sepak bola dunia itu mengatur laga tetap berjalan asal punya minimal tujuh pemain di lapangan.

Di Piala AFF 2020, Myanmar tergabung di Grup A bersama tuan rumah Singapura, Thailand, Filipina, dan Timor Leste. Sesudah melawan Singapura, Myanmar menghadapi Timor Leste (8 Desember), Thailand (11 Desember), dan Filipina (18 Desember).