BolaSkor.com - Negara peraih lima titel Piala Dunia, Brasil, dihadapkan dengan banyak problematika menjelang perhelatan Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia Juni mendatang. Belum selesai masalah cedera Neymar dan Filipe Luis, kini giliran Dani Alves yang cedera.

Bek kanan berusia 35 tahun cedera lutut saat memainkan final Piala Prancis antara Paris Saint-Germain (PSG) dengan Les Herbiers VF. Alves tertatih-tatih kala digantikan oleh Thomas Meunier dalam pertandingan tersebut.

Alves pun menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Hasilnya pun buruk karena mengubur impiannya bermain di Piala Dunia 2018, Piala Dunia yang mungkin terakhir baginya, mengingat usianya yang sudah berumur 35 tahun dan dalam empat tahun ke depan dia berusia 39 tahun.

"Pemeriksaan lebih lanjut telah mengonfirmasi diagnosa awal cedera ligamen pada bagian anterior cruciate, yang membutuhkan operasi untuk perawatannya. Mempertimbangkan opsi alternatif pemulihannya, telah dikonfirmasi ketidakmungkinan memanggil Daniel Alves untuk persiapan, laga uji coba, dan Piala Dunia (bersama Timnas Brasil)," bunyi pernyataan Federasi Sepakbola Brasil (CBF) dari hasil tes yang dilakukan Rodrigo Lasmar, dokter Timnas Brasil, diberitakan Goal, Sabtu (12/5).

Kabar ini jelas akan memengaruhi pilihan Tite, pelatih Timnas Brasil, untuk skuat yang dipilihnya nanti. Apalagi dalam sedekade terakhir, Alves senantiasa menjadi bek kanan andalan Selecao. Tanpa mantan pemain Barcelona itu, Tite kemungkinan akan memanggil Danilo dan Rafinha untuk merebutkan tempat di posisi bek kanan Brasil.

Brasil tergabung di grup E bersama Swiss, Kosta Rika, dan Serbia. Ajang Piala Dunia 2018 adalah kesempatan untuk Brasil membuktikan diri, bahwa mereka telah jauh berkembang dari tim yang dibantai 1-7 oleh Jerman di Piala Dunia 2014.