BolaSkor.com - Kapten tim Persis Solo, Fabiano Beltrame, harus menepi selama 12 bulan setelah mengalami cedera saat lawan Persikabo 1973, Senin (23/1) malam. Fabiano akan menjalani operasi rekonstruksi tendon achilles.

Fabiano sudah diganti menit ke-17 dalam laga di Stadion Maguwoharjo Sleman. Fabiano ditarik keluar karena mengerang kesakitan usai berupaya mengawal penyerang Persikabo, Pedro Henrique.

Cedera yang dialami Fabiano ternyata cukup parah. Dari hasil medical check up diketahui ada robekan komplet pada tendon achilles dengan cedera kompleks ligamen anterior talofibular ligament (ATFL) dan calcaneofibular ligament (CFL).

Baca Juga:

Dewa United FC Datangkan Ramai Rumakiek dari Persipura

Pulih, Febri Hariyadi Siap Diandalkan Persib Menghadapi Borneo FC

Dokter tim Persis Solo, Dr. Iwan Wahyu Utomo, menjelaskan cedera itu terjadi bukan akibat duel badan dengan Pedro Henrique. Ternyata, Fabiano salah tumpuan setelah benturan.

"Pada insiden itu kemungkinan terjadi benturan ringan yang kemudian dilanjut dengan salah tumpuan atau salah mendarat, sehingga menyebabkan cedera. Jadi tidak ada benturan berat. Cedera ini diakibatkan karena salah tumpuan ketika mendarat," kata Dr. Iwan Wahyu, Rabu (25/1) siang.

Tim medis Persis Solo memutuskan untuk melakukan operasi sebagai langkah penanganan terhadap cedera Fabiano. Bek berusia 40 tahun ini bakal menjalani operasi rekonstruksi tendon achilles.

Proses untuk sekadar kembali ke lapangan membutuhkan waktu sangat lama. Dari perkiraan awal, proses ini membutuhkan waktu sekitar 10-12 bulan.

Praktis Fabiano tak sekadar bakal absen pada sisa Liga 1 2022/2023. Fabiano juga kemungkinan absen pada Liga 1 2023/2024, paling tidak pada putaran pertama.

Sejauh ini, Persis Solo belum mengungkapkan niat untuk mendatangkan bek tengah baru. Mereka akan mengandalkan Andri Ibo, Rian Miziar serta Kanu Helmiawan yang digeser dari gelandang bertahan jadi bek tengah. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)