BolaSkor.com - Everton memulai Premier League 2020-2021 dengan kemenangan 1-0 melawan Tottenham Hotspur arahan Jose Mourinho. The Toffees memainkan dua dari tiga pemain anyar yang direkrut di musim panas ini, James Rodriguez dan Abdoulaye Doucoure.

James dan Doucoure datang bersama dengan Allan di musim panas ini ke tim arahan Carlo Ancelotti. Doucoure dari Watford, Allan dari Napoli, dan James dari Real Madrid. Di antara mereka nama James paling menyita perhatian.

Maklum saja gelandang serang Kolombia berusia 29 tahun punya profil besar di Eropa: bintang Eropa dan juga kapten timnas Kolombia. James telah memenangi dua titel Liga Champions, dua Bundesliga, dan dua LaLiga.

Tak ayal Everton dinilai melakukan transfer bagus karena status bintang James Rodriguez. Di laga debutnya kontra Tottenham dia menciptakan lima peluang dan jadi pemain pertama yang melakukannya di Inggris.

Baca Juga:

James Rodriguez Resmi Reuni dengan Carlo Ancelotti di Everton

James Rodriguez, Carlo Ancelotti, dan Status Everton sebagai Kuda Hitam Persaingan Premier League

Usaha Keras Carlo Ancelotti Sukses Yakinkan James Rodriguez Hengkang ke Everton

James Rodriguez dan Carlo Ancelotti

Performa James masih terus dinantikan musim ini bersama Everton. Uniknya ada satu hal yang menyita perhatian publik. Klub Argentina Banfield mengeluarkan pernyataan mengejutkan mengklaim Everton merekrut James gratis dari Real Madrid.

Sebelumnya Everton dikabarkan mengeluarkan 20 juta poundsterling untuk merekrutnya dari Madrid ketika kontrak James berakhir pada 2021.

"Seolah-olah itu (transfer James) adalah transfer bebas. Sebuah penyelidikan dengan kedua klub (Madrid dan Everton) telah mengungkapkan hal itu," demikian pernyataan dari Banfield di laman resmi klub.

Cek Fakta

James Rodriguez di Banfield

Apakah betul Everton cukup beruntung merekrut James secara cuma-cuma alias gratis? Menurut pengakuan Banfield itu terjadi karena mekanisme solidaritas FIFA. Sebelum ke Everton James sempat bermain dengan Banfield, tim dari Liga Super Argentina.

"Sayangnya, karena James Rodriguez pindah dari Real Madrid ke Everton ke Banfield, tidak ada uang yang harus dibayarkan. Transaksi itu dilakukan tanpa biaya, seolah-olah itu adalah pemain gratis," tutur Ignacio Uzquiza, Petinggi Banfield.

"Konsultasi terkait telah dilakukan kepada dua klub yang terlibat dan organisasi terkait. Dalam semua kasus, mereka mengonfirmasi kepada kami bahwa klub tidak akan menerima uang melalui mekanisme solidaritas."

Merujuk kepada regulasi FIFA Banfield sedianya mendapatkan uang transfer karena James bermain di sana pada 2008 dan 2010.

Mengulik buku panduan regulasi FIFA halaman 25 bab VII kompensasi latihan dan mekanisme solidaritas, dijelaskan pada bagian 21 soal mekanisme solidaritas.

"Jika seorang profesional ditransfer sebelum kontraknya berakhir, klub mana pun itu telah memberikan kontribusi untuk pendidikan dan pelatihannya akan menerima sebagian dari kompensasi yang dibayarkan kepada mantan klubnya (kontribusi solidaritas)."
"Ketentuan mengenai kontribusi solidaritas diatur dalam Lampiran 5 peraturan ini."

Uniknya Banfield tidak mendapatkan dana dari transfer tersebut. Pihak Everton dan Real Madrid belum berbicara mengenai transfer James Rodriguez, tak ayal fakta dari isu tersebut masih belum jelas, baik itu Banfield seharusnya menerima uang transfer atau tidak, atau transfer James ke Everton melibatkan uang transfer atau tidak.