Cerita Bek Persib Bandung Zalnando soal Peran Baru sebagai Podcaster

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 19 Juni 2020
Cerita Bek Persib Bandung Zalnando soal Peran Baru sebagai Podcaster
Bek Persib Bandung, Zalnando. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Bek sayap Persib Bandung, Zalnando terang-terangan memiliki kesibukan lain selain menjadi pesepak bola. Selain bisnis, bek timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2015 ini menjadi podcaster.

Zalnando mengatakan ini waktu yang tepat untuk bisa menjalankan podcast bernama UnStory Podcast di salah satu layanan streaming musik digital, podcast dan video ini. Sebab saat ini kegiatannya dalam bermain sepak bola terhenti sementara akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

"Jadi ini cuma untuk mengisi waktu luang untuk lebih produktif. Apalagi sekarang banyak waktu luang di rumah. Sambil belajar ngomong dan belajar nulis juga," ungkap Zalnando saat dihubungi.

Baca Juga:

Mesranya Persija Jakarta dan Bali United saat Pandemi Corona

Pandemi Buat Pembangunan Training Ground Bali United Molor

Pemain asal Kota Cimahi, Jawa Barat ini sebenarnya sudah mengetahui podcast ini pada 2017 lalu. Namun hal itu baru bisa terlaksana saat ini karena kesibukannya mulai berkurang.

"Awalnya suka dengar podcast Iqbal Hariadi. Disitu saya tertarik juga untuk buat podcast. Medianya juga lebih enak karena nggak kelihatan wajah dan orang lebih dengar kata-kata," katanya.

Zalnando pun memiliki tema yang menjadi bahan perbincangannya di podcast miliknya. Intinya sekadar untuk berbagi pengalaman yang dirasakannya selama ini.

"Soalnya orang di luar tidak tahu gimana saya, makanya saya sampaikan dari sudut pandang saya," tuturnya.

Semisal, kata Zalnando, pembahasan mengenai pendidikan. Sebab tak jarang, beberapa pesepak bola mengabaikan hingga meninggalkan pendidikannya.

"Padahal pendidikan itu tinggi, daripada main bola. Saya ingin kasih tahu kalau pendidikan juga penting. Saya juga ada anak temen orang tua ingin main bola tapi belajarnya males-malesan. Nah itu tuh jangan, tidak boleh males belajar, karena belajar harus jadi utama. Itu sih salah satu contohnya," jelasnya.

Selain itu, Zalnando juga berencana melakukan kolaborasi. Seperti mendatangkan fisioterapis untuk membahas mengenai cedera yang kerap dialami para pesepak bola.

"Sama pemain juga. Seperti ingin mengundang Abdul Aziz karena ada yang belum tahu soal sudut pandang Aziz," katanya.

Meski demikian, pemain yang akrab disapa Nando ini baru bisa menjalankan podcastnya ini satu kali dalam seminggu. Sebab dia juga masih harus menjalankan kegiatan lainnya seperti bisnis.

"Target saya seminggu sekali, tapi tetep diusahain marena kebagi-bagi juga fokusnya. belum kalau nanti kalau kompetisi sudah mulai, bakal susah lagi," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Zalnando Persib Bandung Juni Enggak Cengeng Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan