Cerita Bintang Muda Persija Frengky Missa, Tak Punya Banyak Teman saat Sekolah

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 10 Agustus 2022
Cerita Bintang Muda Persija Frengky Missa, Tak Punya Banyak Teman saat Sekolah
Pemain muda Persija Jakarta, Frengky Missa. (Media Persija)

BolaSkor.com - Nama Frengky Deaner Missa tengah mencuat berkat penampilan apiknya di tiga laga awal Liga 1 2022/2023 bersama Persija Jakarta. Bahkan Frengky sudah mencatatkan gol perdananya di kompetisi kasta tertinggi itu.

Frengky turut mencetak satu gol saat Persija mengalahkan Persis Solo, 2-1, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (31/7). Torehan itu menegaskan potensi besar yang dimiliki Frengky.

Apa yang dicapai Frengky sekarang merupakan buah dari kerja kerasnya selama ini. Frengky mulai belajar sepak bola sejak masih di sekolah dasar atau SD. Dia kemudian bergabung dengan tim UNI Papua.

Masuk ke tingkat SMP, Frengky pindah ke SSB Soe Generation. Di sana bakatnya makin terasah karena tampil di berbagai kompetisi, mulai dari Komunitas Sepak Bola Soe (KKS) U-14 dan U-15 pada 2015 dan 2016 serta Piala Menpora 2017/2018.

Baca Juga:

Kondisi Toncip dan Hamra Hehanussa Membaik, Persija Malah Kehilangan Ryuji Utomo

Robert Alberts Mundur sebagai Pelatih Persib

Persija Diperkuat Tiga Kiper Belia, Andritany Mainkan Peranan Penting

Karier Frengky semakin meningkat setelah lolos seleksi yang dilakukan Bali United di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Frengky lolos dan masuk tim Elite Pro Academy (EPA) Bali United U-16. Ketika itu Frengky baru masuk SMA.

Karena harus berlatih dengan tim di Bali, Frengky terpaksa sering izin dari sekolah. Hal itu membuat Frengky tidak punya banyak teman saat SMA.

"Saya tidak terlalu punya banyak teman di SMA karena saya banyak izin ke sekolah. Bahkan sampai saya dikira sudah pindah sekolah oleh teman. Kalau dihitung sepertinya saya di SMA tidak sampai dua tahun belajar, karena sisanya izin main bola. Meski banyak izin, tapi saya bertanggung jawab terkait hal itu,” kata Frengky.

Namun, karena adanya pandemi COVID-19 di Maret 2020, kompetisi EPA U-16 harus terhenti. Frengky kemudian memutuskan kembali ke kampung halamannya, di Kota Soe, NTT.

Titik balik karier Frengky terjadi saat dirinya lolos seleksi tim sepak bola NTT yang akan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Ternyata ajang nasional itu berhasil membuka jalannya menuju tim elite Indonesia dari Jakarta, Persija.

Persija jakarta Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.292

Bagikan