BolaSkor.com – Pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini tak bisa melupakan Sidoarjo. Di Kota itu, mantan pemain Timnas Indonesia era 1900-an dan timnas U-16 memiliki kenangan indah.

Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 2018 di Sidoarjo. Ketika itu Indonesia menjadi tuan rumah dan memilih Sidoarjo sebagai kota penyelenggara.

Sebenarnya pelatih kelahiran Lhoksumauwe ingin pemusatan latihan Timnas Indonesia U-18 diadakan di Sidoarjo. Akan tetapi dirinya menjelaskan mengapa latihan dan seleksi lebih dipusatkan di Cikarang, Jawa Barat, 12-18 Juni mendatang.

"Sidoarjo punya kenangan bagi timnas U-16. Kami punya sejarah dah hubungan baik dengan masyarakat di sana. Dukungan datang dari anak-anak, remaja, ibu-ibu, bapak-bapak, dan bahkan oleh ustadz selama kami di sana," ujar Fakhri.

Baca Juga:

PPLP Jadi Salah Satu Sumber Fakhri Husaini Cari Pemain Timnas Indonesia U-18

Muka Lama yang Sempat Menghilang Ada di Seleksi Timnas Indonesia U-18

"Tapi, tentu ada pertimbangan mengapa akhirnya pilih Cikarang. Beberapa kali kita mau uji coba di Sidoarjo susah mendapat izin, karena misalnya melawan Persebaya, penonton bisa membludak," tuturnya.

Fakhri Husaini lalu menceritakan kisah uniknya di Sidoarjo. Ia bahkan sampai terharu dengan dukungan masyarakat Sidoarjo yang selalu mendoakan kesukseskan Timnas Indonesia U-16 saat Piala AFF.

"Saya punya kesan dengan Sidoarjo. Itu luar biasa, saya pernah solat subuh, saya datang terlambat di suatu mesjid. Saya yakin mereka tidak tahu ada saya solat di situ. Saya merinding, selesai solat, imamnya mendoakan kami,"

"Saat itu jelang semifinal Piala AFF U-16. Mereka doakan kami. Saya sampai mikir, jadi sehabis doa saya tinggal pergi, tidak enak juga kalau mereka tahu. Sampai segitunya mereka (masyarakat Sidoarjo)," imbuhnya.

Fakhri pun berharap bisa berkandang di Sidoarjo saat kualifikasi Piala Asia U-19. September/Oktober mendatang. "Kalau boleh memilih, main di Sidoarjo, tapi karena ada hal-hal tadi yang saya sebutkan," tandasnya.

Nantinya, Fakhri akan memilih pemain dari tahap satu dan dua untuk pemusatan latihan (TC) pada bulan Juli mendatang. Hal itu untuk persiapan Piala AFF U-18 dan Kualifikasi Piala Asia U-19.