Cerita Perjuangan Dhika Kuswardani: Bocah Sukoharjo yang Tembus Garuda Select II

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 28 September 2019
Cerita Perjuangan Dhika Kuswardani: Bocah Sukoharjo yang Tembus Garuda Select II
Dhika Kuswardani. (BolaSkor.com/Muhammad Fadly)

BolaSkor.com - Hasil tidak akan mengkhianati proses. Kerja keras dan perjuangan keras akan menghasilkan sesuatu yang layak pula.

Kalimat itu mungkin tepat untuk menggambarkan pesepak bola bernama Ananda Dhika Kuswardani. Bocah berusia 15 tahun asal RT 02 RW 03 Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo itu membuktikan jika kerja kerasnya tak sia-sia.

Dhika lolos seleksi dan masuk tim sepak bola Garuda Select II yang akan belajar di Negara Inggris dan Italia selama sembilan bulan mendatang. Dia dan 21 pemain lainnya akan berangkat ke Jakarta, besok sebelum bertolak ke Eropa. Tentu, hasil itu merupakan prestasi yang setidaknya bisa dibanggakan saat ini.

"Pastinya bersyukur dan alhamdulillah, senang bisa masuk tim Garuda Select. Masuk timnas memang menjadi cita-cita saya sejak kecil. Apalagi saya dan pemain lain akan belajar di Inggris dan Italia yang terkenal dengan sepak bola majunya," ungkap Dhika kepada BolaSkor.com, Jumat (27/09).

Tentu saja, prestasi itu tak serta merta diraihnya dengan mudah. Siswa kelas 2 SMA N 1 Mojolaban, Sukoharjo itu butuh perjuangan ekstrakeras untuk mencapai titik saat ini.

Dia, mulai menekuni dunia olah si kulit bundar sejak kelas 3 SD dan bergabung ke SSB Harimau Bekonang. Namun, sempat vakum 1-2 tahun dari kelas 4 SD sampai kelas 1 SMP, karena tidak punya uang untuk berlatih. Saat kelas 1 SMP dipanggil oleh SSB Garuda Jaya dan akhirnya tahun 2015 masuk tim Pasoepati Football Academy (PFA) Solo.

Baca Juga:

Masuk Undian Pot 2, Timnas Indonesia U-16 Berpotensi Ada di Grup Neraka Piala Asia U-16 2020

Indonesia Jadi Satu-Satunya Wakil Asia Tenggara, Ini Daftar Lengkap Negara yang Lolos ke Piala Asia U-16 2020

Dhika Kuswardani
Dhika Kuswardani. (BolaSkor.com/Muhammad Fadly)

Bakat apiknya mengantarkan Dhika mengikuti seleksi di Garuda Select. Namun, dia harus bersaing dengan ratusan pemain dari berbagai daerah di Indonesia. Pemain PSS Sleman U-16 ini dapat panggilan untuk seleksi di Garuda Select bulan Juli kemarin. Pada seleksi pertama, ada 48 pemain dan lolos untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

"Saat itu hasil seleksi tidak langsung diumumkan, tapi menunggu undangan selama satu bulan. Akhir Agustus kemarin dapat kabar kalau sudah lolos. Proses seleksi itu selama saya ikut Elite Pro Academy Liga 1 U-16 bersama PSS," kata dia.

Cerita kegigihannya tak sampai di situ saja. Saat masih berada di PFA Solo, Dhika pernah mengikuti seleksi Timnas U-16 tapi gagal. Usia yang belum mencukupi membuatnya gagal.

"Karena saya suka sepak bola dari kecil, makanya tidak ada kata menyerah. Bulan Maret kemarin saya gabung di PSS U-16 setelah lolos seleksi," ujar pemain berposisi sayap tersebut.

Tim Garuda Select direnca akan berangkat sekitar tanggal 6 atau 7 Oktober nanti. Pertama itu menuju di Inggris, disana Dhika dan kawan-kawan selama delapan bulan. Lalu selama satu bulan pindah ke Italia. Persiapan khusus pun sudah dia lakukan.

"Terpenting penjagaan kondisi fisik. Karena untuk skill bermain bisa dilakukan saat berlatih di sana," tegas Dhika. (Laporan Kontributor Muhammas Fadly/Yogyakarta)

PSS Sleman Garuda Select Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan