BolaSkor.com - Cabang olahraga pencak silat Asian Games 2018 menjadi perhatian seluruh rakyat Indonesia. Bagaimana tidak? Pencak silat mampu menjadi cabang olahraga yang mendominasi perolehan medali emas.

Pencak silat menyumbangkan 14 dari 30 medali emas yang diraih kontingen Indonesia hingga sejauh ini di Asian Games 2018. Indonesia pun dinobatkan sebagai juara umum pencak silat Asian Games 2018.

Tak hanya itu, cerita lahir yang tak kalah mengharukan diciptakan cabang olahraga pencak silat Asian Games 2018. Dua calon presiden yang bertarung di pemilihan presiden (pilpres) 2014 dan 2019, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto berpelukan dengan balutan bendera Merah Putih.

Presiden Republik Indonesia, Jokowi memang sengaja hadir pada pertandingan pencak silat Asian Games 2018 di Padepokan Pencak SIlat TMII, Jakarta Timur, Rabu (29/8).

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto (kedua kanan) berpelukan disela menyaksikan Pencak Silat Asian Games 2018 di di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Aditia Noviansyah)

Jokowi ditemani Wapres Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Puan Maharani, Ketua Kontingen Indonesia (Cdm) Syafruddin, dan Ketua PDI P Megawati Soekarno Putri. Jokowi beserta rombongan duduk berdampingan dengan Prabowo Subianto selaku Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Saat pesilat Indonesia, Hanifan Yudani Kusumah dinyatakan menang oleh juri dan berhak atas medali emas, dirinya langsung menyalami para pejabat yang hadir, termasuk Jokowi serta Prabowo. Hanif, Jokowi, dan Prabowo langsung berpelukan dengan balutan bendera Merah Putih.

Seperti diketahui, Hanifan Yudani Kusumah mempersembahkan medali emas dalam nomor putra 55 hingga 60 kg, usai mengelahkan wakil Vietnam Thai Linh Nguyen.

"Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, sore tadi. Begitu dinyatakan sebagai peraih medali emas kelas C setelah menundukkan Nguyen Thai Linh asal Vietnam, pesilat putra Hanifan Yudani Kusumah merayakan kemenangannya dengan berlari keliling arena lalu naik ke tribun penonton tempat saya duduk bersama Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia, Bapak Prabowo Subianto. Kami bertiga, Hanifan, saya dan Pak Prabowo pun berpelukan dalam selubung Merah Putih," cuit Jokowi.

"Selamat untuk Hanifan, seluruh atlet pencak silat Indonesia, pelatih dan jajaran pengurus, yang mempersembahkan 14 medali emas untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2018. Dengan perolehan medali 30 emas, 22 perak, dan 35 perunggu sampai hari ini, Indonesia berada di posisi keempat, sebuah pencapaian baru yang menjadi sejarah bagi dunia olahraga negeri ini," sambung Jokowi.

Dengan begitu, pencak silat pada hari ini menyumbangkan enam medali emas. 14 secara total dari pencak silat dari 30 medali kontingen Indonesia.

Total Indonesia sudah memperoleh total 88 medali terdiri dari 30 Emas, 22 Perak dan 36 Perunggu.

Baca berita selengkapnya soal sisi menarik Asian Games 2018 lainnya di Side.id

Baca berita selengkapnya soal kemesraan Jokowi-Prabowo di Pencak Silat Asian Games 2018 di MerahPutih.com