Cerita Traveling ke Kota Turin: Rivalitas Juventus-Torino hingga Kebencian-Kepopuleran terhadap Indonesia

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Sabtu, 05 Desember 2020
Cerita Traveling ke Kota Turin: Rivalitas Juventus-Torino hingga Kebencian-Kepopuleran terhadap Indonesia
Stadion Olimpico Turin. (Dokumen pribadi Pranata Ginting)

BolaSkor.com - Lembah Po di kaki Pegunungan Alpen merupakan tempat matahari tenggelam di Kota Turin. Kastil-kastil bergaya barok peninggalan abad ke-17 dan 18 tampak mencolok sekaligus mempercantik Ibukota Regional Piedmonte tersebut.

Hutan, pegunungan, dan lembah merupakan pemandangan alam yang disinggahi ketika menginjakkan kaki di Turin. Anda bosan melihat hal yang sama setelah beberapa hari di sana? Pantai Liguria yang hanya berjarak dua jam dari Turin bisa menjadi alternatif.

Ya, meski terkenal sebagai kota industri nomor satu di Italia, Kota Turin tetap memiliki pemandangan yang indah. Arsitektur klasik dipadu dengan bangunan batu Antonelliana yang kerap disebut Menara Eiffel-nya Turin membuatnya tidak kalah dari kota-kota lain di Italia.

Kota Torino merupakan rumah untuk raksasa otomotif asal Italia, FIAT. Tidak heran apabila kota yang berada dekat dengan perbatasan Prancis itu memiliki museum mobil kuno, Museo dell'Automobile, yang mengoleksi sekitar 150 kendaraan klasik.

Baca Juga:

Major, Anjing Penyelamat Manchester United dari Kebangkrutan

Anschluss Osterreichs, Awal Tampilnya Nazi di Piala Dunia 1938

markas fiat

Markas FIAT di Kota Turin

Wajar juga apabila akhirnya sebagian besar warga Kota Turin bekerja pada industri otomotif. Hampir separuh populasi kota itu menjadi pegawai di pabrik FIAT.

Di tengah kepenatan setelah seharian bekerja di pabrik otomotif, sepak bola menjadi hiburan utama orang-orang yang tinggal di Kota Turin. Kebetulan, mereka memiliki dua klub hebat, Torino dan Juventus.

Prestasi Juventus pada kancah sepak bola tidak perlu diragukan lagi. Pengoleksi gelar Scudetto dan Copa Italia terbanyak, serta dua kali memenangi Liga Champions cukup untuk membuat I Bianconeri menjadi salah satu klub raksasa Eropa.

lanskap kota turin
Lanskap Kota Turin

Sementara itu, meski saat ini tengah terseok-seok, Torino sempat menjadi kesebelasan yang disegani di Italia. Il Toro sempat merajai Italia pada dekade 1940an.

Masyarakat Kota Turin seolah terbelah ketika Juventus berhadapan dengan Torino. La Vecchia Signora kerap dianggap sebagai simbol kaum borjuis, sementara I Granata merupakan perlambang kebanggaan penduduk lokal Turin.

Makanya tidak mengherankan apabila pertemuan kedua kesebelasan selalu berlangsung panas. Derby della Mole, begitu laga antara Juventus dengan Torino biasa dijuluki, merupakan pertemuan antarklub dalam satu kota tertua di tanah Italia.

(Bersambung ke halaman berikutnya mengenai sejarah Derby della Molle)

Juventus Turin Derby Turin Derby della Mole Breaking News Indonesia Italia Serie a
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan