Cetak Biru Peningkatan Prestasi Olahraga Indonesia Mulai Diuji

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 20 Oktober 2020
Cetak Biru Peningkatan Prestasi Olahraga Indonesia Mulai Diuji
Menpora Zainudin Amali (Kemenpora)

BolaSkor.com - Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mulai menguji grand design keolahragaan, Senin (9/10). Program ini menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengenai perbaikan ekosistem keolahragaan nasional.

“Intinya adalah prestasi itu harus didesign, kita harus membuat pabrik prestasi tidak bisa dengan 'nemu' untuk dibina atau by accident setelah itu tidak ada pelapis-pelapis yang berada di bawahnya untuk itu harus didesign tidak boleh by accident," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

“Ekosistem keolahragaan kita juga harus direview sesuai arahan Bapak Presiden kepada Kemenpora RI, Koni dan NOC ketika memberi arahan pada peringatan Haornas ke-37/2020," imbuh dia.

Grand Design Keolahragaan Nasional memiliki sasaran jangka menengah dan jangka panjang mulai 2020 hingga 2045, dengan melakukan revitalisasi di berbagai jenjang pembinaan dengan dukungan sport science agar pembinaan bisa lebih terukur. Ada dua program yang menjadi prioritas Kemenpora.

Baca Juga:

Sambut New Normal, PRSI Jabar Gelar Rapid Test dan Simulasi Protokol Kesehatan

Masuki Usia 54 Tahun, Pordasi Kejar Target Prestasi di Olimpiade

“Dua program ini yang kita design supaya prestasi kita seperti yang diharapkan. Pemasalan dan pemasyarakatan olahraga untuk hidup lebih sehat dan bugar dikalangan masyarakat menjadi awal dari pembinaan prestasi kita. Tanpa itu jangan harap ada talenta muncul untuk didorong menjadi atlet berprestasi yang membanggakan daerah maupun negara," urai Menpora.

Menpora juga menekankan bahwa prestasi harus dibina sejak usia dini, sejak SD untuk itulah Kemenpora mencetuskan gagasan untuk menyusun grand design keolahragaan. Grand design itu saat ini dalam tahap finalisasi dan uji publik bersama para stakeholders olaraga di Bandung, Jawa Barat dan sebelumnya dibeberapa tempat lain.

"Semoga kegiatan ini akan melahirkan rekomendasi untuk melengkapi apa yang sudah disiapkan semoga bisa lebih sempurna grand design kita ini. Kepada para stakeholder olahraga ini adalah tugas kita bersama mari kita sukseskan," pesannya.

Breaking News Kemenpora Menpora Zainudin Amali
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan