BolaSkor.com – Beberapa hari berselang setelah terpilihnya Luka Modric sebagai pemenang Ballon d’Or 2018, Lionel Messi, yang hanya menempati urutan lima Ballon d’Or 2018, memperlihatkan kelasnya sebagai jenius sepak bola kala membawa Barcelona menang 4-0 atas Espanyol, Minggu (9/12) dini hari WIB.

Bertajuk Derby Catalan, Barcelona menang 4-0 melalui dua gol yang diciptakan Messi, Ousmane Dembele, dan Luis Suarez. Barca kini menjauh dari para pesaing perebutan titel LaLiga dengan jarak tiga poin atas Sevilla dan Atletico Madrid.

Dilihat dari kacamata kuda, tidak ada yang aneh dari kemenangan itu karena Barca memang selalu superior dibanding rival sekotanya itu. Tapi, dua gol yang diciptakan Messi bukan tercipta biasa saja.

La Pulga mencetak dua gol melalui tendangan bebas berakurasi tinggi ke gawang Diego Lopez, kiper Espanyol yang notabene mantan kiper Real Madrid.

Baca Juga:

Espanyol 0-4 Barcelona: Panggung Lionel Messi dan Ousmane Dembele

Meski Gagal Menangi Ballon d'Or, Ronaldo dan Messi Dinilai Belum Kehabisan Bensin

Di menit 17, Messi mengarahkannya ke pojok kiri atas gawang Espanyol. Lalu di menit 65 ke kiri gawang Espanyol. Ke manapun Messi ingin mengarahkannya, maka bola juga akan berbelok ke sisi itu. Hanya pemain jenius yang bisa melakukannya.

Dua gol dari Messi itu melibatkannya di 19 gol Barcelona di LaLiga dengan torehan 11 gol dan delapan assists. Sang kapten masih memimpin timnya di usia 31 tahun untuk menyabet seluruh trofi yang bisa diraih musim ini.

“Jadikan itu sebagai 19 gol langsung yang melibatkan Lionel Messi di LaLiga. 11 gol dan delapan assists. Lima lebih banyak dari pemain mana pun di kompetisi,” kicau @Squawka.

Dua gol dari tendangan bebasnya itu juga menambah gol tendangan bebas megabintang Argentina menjadi tiga gol, melebihi pemain-pemain lainnya di lima liga top Eropa.

“Lionel Messi sekarang telah mencetak lebih banyak gol dari tendangan bebas musim ini dibanding pemain lainnya di lima liga top Eropa. Lionel Messi (tiga gol), Aleksandar Kolarov (dua gol), Granit Xhaka (dua gol), Memphis Depay (dua gol), dan Ondrej Duda (dua gol)," tambah @Squawka.

Guna melengkapi performanya melawan Espanyol, Messi menutupnya dengan statistik yang dominan: 77 sentuhan bola, 44 operan, delapan kali sukses mendribel bola melewati lawan, lima tendangan, lima penciptaan peluang, empat tendangan tepat sasaran, gol dua tendangan bebas, satu tekel, dan satu assist.