Charis Yulianto Ceritakan Momen Comeback Indonesia saat Lawan Malaysia di Piala Tiger 2004

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Kamis, 05 September 2019
Charis Yulianto Ceritakan Momen Comeback Indonesia saat Lawan Malaysia di Piala Tiger 2004
Charis Yulianto (Istimewa)

BolaSkor.com - Mantan kapten Timnas Indonesia, Charis Yulianto memiliki cerita yang tidak bisa dilupakan ketika Timnas Indonesia menghadapi Malaysia. Pada tahun 2004, pria yang sekarang menjabat sebagai asisten pelatih Borneo FC ini menjadi bagian dari tim yang membenamkan Malaysia di ajang Piala Tiger atau sekarang lebih dikenal dengan Piala AFF.

Bermain di babak semifinal, Timnas Indonesia terlebih dahulu menjamu Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan pada leg pertama. Pada pertandingan itu, Malaysia berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 atas Indonesia lewat dua gol yang dicetak oleh Liew Kit Kong. Sementara Skuat Garuda hanya mampu mencetak sebiji gol lewat Kurniawan Dwi Yulianto.

Ketika leg kedua, bermain di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Timnas Indonesia dalam tekanan yang cukup berat karena harus menang dengan selisih dua gol. Charis Yulianto mengatakan tim dalam tekanan yang luar biasa pada sata itu. Tapi ia melihat pemain bisa merubah tekanan tersebut jadi motivasi.

Baca Juga:

Jelang Lawan Malaysia, Luis Milla Beri Dukungan untuk Timnas Indonesia

Presiden Jokowi Dipastikan Tak Datang di Laga Timnas Indonesia Lawan Malaysia

Benar saja, pada pertandingan tersebut, Skuat Garuda berhasil meraih kemenangan telak 4-1 atas tim tuan rumah. Gol tersebut dicetak oleh Kurniawan Dwi Yulianto, Ilham Jayakesuma, Boaz Solossa, dan Charis Yulianto. Sedangkan gol tim tuan rumah dibukukan Muhamad Khalid Jamlus.

"Ya, yang pasti setiap lawan Malaysia adalah pertandingan gengsi. Karena kita satu rumpun. Kalau saya pribadi ada semangat yang berlipat setiap bertemu Malaysia. Apalagi pada saat itu tahun 2004, kita masuk semifinal dan ketinggalan saat bermain kandang. Jadi leg kedua di Bukit Jalil kami harus memangkan pertandingan," Charis Yulianto mengenang.

"Saat itu tidak mudah untuk memenangkan pertandingan. Apalagi Malaysia bertindak sebagai tuan rumah. Tapi kami berbekal keyakinan dan arahan dari pelatih Peter White, teman-teman bermain tanpa beban dan saya juga tidak menyangka bisa bikin gol yang menentukan. Timnas berhasil menang dan lolos ke final," tambahnya.

Sekarang Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Malaysia pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Kamis (5/9). Charis Yulianto berharap pada pertandingan ini Skuat Garuda tidak menyia-nyiakan faktor tuan rumah.

"Artinya kesempatan sebagai tuan rumah jangan sampai disia-siakan, apalagi nanti pertandingan pertama di kualifikasi Piala Dunia. Manfaatkan atmosfer penonton di pertandingan yang berlangsung di GBK agar kita bisa meraih kemenangan," Charis Yulianto menuturkan.*

Breaking News Indonesia Malaysia Charis Yulianto
Posts

4.871

Bagikan