Chelsea 2-4 Arsenal: Penalti Istimewa Bukayo Saka

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 21 April 2022
Chelsea 2-4 Arsenal: Penalti Istimewa Bukayo Saka
Bukayo Saka (Twitter)

BolaSkor.com - Bukayo Saka turut menyumbang gol lewat titik penalti saat Arsenal mengalahkan Chelsea dalam lanjutan Premier League 2021-2022. Momen itu sangatlah istimewa bagi sang pemain.

Dalam laga yang berlangsung di Stamford Bridge, Kamis (21/4) dini hari WIB, Arsenal mengalahkan Chelsea dengan skor 4-2. Duel kedua tim berlangsung sengit.

Arsenal dua kali memimpin pada babak pertama lewat gol Eddie Nketiah dan Emile Smith Rowe. Namun Chelsea juga mampu membalas melalui aksi Timo Werner dan Cesar Azpilicueta.

Baca Juga:

Lineker Pasang Badan untuk Saka, Sebut Messi dan Ronaldo Juga Pernah Gagal Penalti

Polemik Penalti Bukayo Sako, Michael Owen Bela Keputusan Southgate

Soal Bukayo Saka Jadi Eksekutor Kelima, Southgate Berpegang pada Data

Arsenal tampil lebih efektif pada paruh kedua. Meski lebih banyak ditekan, The Gunners justru mampu menambah dua gol lagi.

Nketiah mengembalikan keunggulan Arsenal pada menit ke-57. Namun Chelsea berusaha bangkit di waktu yang tersisa.

Pada momen inilah kontribusi Saka sangat krusial. Akselerasinya pada penghujung laga dihentikan secara paksa oleh Cesar Azpilicueta di kotak terlarang.

Wasit tanpa ragu memberikan hadiah penalti. Meskipun keputusan tersebut sempat diprotes Azpilicueta dan membuat para pemain kedua tim sempat saling dorong.

Saka kemudian maju sebagai eksekutor penalti. Ia dengan tenang menaklukkan Edouard Mendy untuk mengakhiri perlawanan Chelsea.

Gol ini tidak hanya krusial bagi Arsenal melainkan bagi Saka sendiri. Ia berhasil mengatasi traumanya setelah gagal mengeksekusi penalti pada final Piala Eropa 2020.

Ketika itu, sepakan Saka mampu diantisipasi Gianluigi Donnarumma dan sekaligus memastikan kekalahan Inggris dari Italia. Akibatnya, ia sempat mendapat hujatan dari suporter The Three Lions.

Tak heran jika keberanian Saka dipuji oleh Mikel Arteta. Manajer Arsenal itu bahkan sempat terkejut saat mengetahui pemain berusia 20 tahun tersebut yang maju sebagai eksekutor penalti.

Saya pikir Gabi (Gabriel) yang akan mengambilnya. Ketika saya melihat bahwa Bukayo akan mengambilnya, jujur, hal pertama yang saya pikirkan adalah kembali ke musim panas (Piala Eropa ) dan apa yang terjadi di sana," kata Arteta usai laga.

"Dia belajar banyak dan dia telah melalui banyak hal. Itulah mengapa dia menjalani musim yang dia alami hari ini."

"Untuk memiliki keberanian dan mengambil penalti lagi saya yakin itu akan ada di benaknya. Bagi saya, dia adalah urutan teratas (dalam daftar eksekutor), bahkan jika dia melewatkannya," tambahnya.

Menariknya, gol penalti ke gawang Chelsea merupakan yang pertama dicetak Saka di level profesional. Sebelumnya, ia hanya pernah melakukan hal yang sama saat memperkuat tim kelompok umur.

Saka sendiri seperti sudah melupakan traumanya dengan kegagalan penalti di Piala Eropa 2020. Fokus utamanya saat mengeksekusi penalti tersebut adalah untuk membawa Arsenal menang.

"Kami ingin memberikan para suporter sesuatu agar mereka percaya dengan kami dan kami melakukannya. Kami menunjukkan perlawanan dan karakter," kata Saka.

"Ini hasil yang sangat besar dan berarti buat kami. Kalah tiga kali beruntun itu sangat sulit."

Bukayo Saka Arsenal Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan