Chelsea 3-0 Burnley: Jorginho Sempurna, Tammy Abraham Samai Frank Lampard

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 11 Januari 2020
Chelsea 3-0 Burnley: Jorginho Sempurna, Tammy Abraham Samai Frank Lampard
Selebrasi gol Chelsea (twitter/ChelseaFC)

BolaSkor.com - Chelsea memetik kemenangan 3-0 atas Burnley pada laga pekan ke-22 Premier League di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (11/01) malam WIB. Dua gol The Blues dicetak Jorginho lewat titik putih pada menit 27, Tammy Abraham (30), dan Callum Hudson-Odoi (49)

Jorginho berhasil mempertahankan rekor sempurna sebagai eksekutor penalti Chelsea. Sepanjang musim ini gelandang asal Italia itu tidak pernah gagal dalam lima penalti yang dieksekusinya di semua kompetisi. Sedangkan Tammy Abraham menjadi pemain Inggris pertama yang mencapai 15 gol di semua kompetisi bersama Chelsea sejak Frank Lampard membuat 17 gol pada 2012-13.

Baca Juga:

Efek Positif Kepergian Eden Hazard untuk Chelsea

Belum Ajukan Penawaran Resmi, Chelsea Sudah Ditolak Mentah-mentah Lyon Soal Dembele

Manajer Chelsea hanya mempertahankan lima pemain yang tampil melawan Nottingham Forest di ajang Piala FA tengah pekan. Lampard mempertahankan Reece James, Rose Barkley, Andreas Christensen, Jorginho dan Callum Hudson-Odoi, sedangkan Christian Pulisic, Marcos Alonso, Ruben Loftus-Cheek, dan N'Golo Kante absen karena cedera. Perubahan juga dilakuan bos Burnley Sean Dyche yang tidak memainkan lima pemain yang tampil pada Piala FA.

Burnley mencoba langsung menggebrak pertahanan Chelsea di awal laga. Namun kemudian The Blues mampu memegang kendali permainan.

Pada menit ke-18 tim tamu menjebol gawang Chelsea. Namun wasit tidak mensahkan gol karena asisten wasit menangkat bendera tanda offside. Keputusan itu diperkuat oleh VAR.

Tuan rumah terus melancarkan tekanan dengan banyak menguasai bola. Chelsea akhirnya bisa memecah kebuntuan saat pertandingan berjalan 27 menit melalui eksekusi penalti Jorginho. Penalti diberikan kepada Chelsea setelah Matthew Lowton mengganjal Willian yang menusuk dari sisi kiri. Chelsea unggul 1-0.

Selepas menit 30, Burnley mendapatkan dua peluang emas. Kesempatan pertama datang dari Dwight McNeil. Namun bola mendatar ke pojok gawang masih bisa dihalau Kepa Arrizabalaga dan hanya membuahkan sepakan sudut. Peluang kedua lahir dari skema sepakan pojok. Beruntung bagi Chelsea karena Barkley bisa membendung menghalau bola tandukan Ben Mee di garis gawang.

Gagal membuat gol, Burnley justru kembali kebobolan pada menit ke-38. Gol lahir dari tandukan Tammy Abraham memaksimalkan umpan silang Reece James. Selang dua menit kemudian James nyaris menambah gol The Blues. Namun bola hasil sepakannya masi bisa diblok kiper Burnley Nick Pope.

Skor 2-0 untuk Chelsea bertahan hingga jeda. Sepanjang babak pertama Chelsea tampil dominan dengan mampu menguasai bola hingga 65 persen dan melepaskan empat sepakan tepat sasaran.

Ketika babak kedua baru berjalan empat menit, Chelsea kembali menceak gol. Kali ini gol The Blues datang dari Callum Hudson-Odoi yang meneruskan umpan silang Cesar Azpilicueta, 3-0 untuk Chelsea.

Setengah jam laga berjalan, Burnley mencoba mengambil alih kendali permainan dengan berusaha lebih lama mengusai bola. Meski upaya Burnley tidak berjalan lama dan Chelsea kembali memaksa mereka bertahan.

Pada menit 65, tekanan Chelsea hampir kembali berbuah gol. Akan tetapi peluang yang didapat Abraham dan Willian masih bisa diamankan Pope. Abraham kembali membuang peluang dua menit kemudian saat bola sundulannya dari jarak dekat melenceng cari sasaran.

Chelsea terus menekan meski sudah unggul tiga gol. Pada menit ke-75 pasukan Lampard kembali mengancam. Kali ini usaha Willian gagal menjadi gol setelah bola sepakannya ditepis Pope. Kiper Burnley kembali dipaksa beraksi pada menit 79. Kali ini aksi Pope mengagalkan bola sepakan keras Mason Mount.

Memasuki periode akhir laga, Chelsea makin gencar menyerang. Berulang kali Barkley, Abraham, dan Hudson-Odoi berngantian menghadirkan ancaman.

Hingga wasit meniup peluit akhir, skor 3-0 buat tuan rumah tidak berubah. Berkat kemenangan ini, Chelsea bertahan di posisi keempat klasemen Premier League dengan raihan 39 poin. Sedangkan Burnley masih duduk di tangga ke-15 dengan 24 poin.

Susunan Pemain

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Reece James, Antonio Rudiger, Andreas Christensen, Cesar Azpilicueta; Ross Barkley, Jorginho, Mason Mount; Willian, Tammy Abraham, Callum Hudson-Odoi.

Burnley (4-4-1-1): Nick Pope; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor; Aaron Lennon, Ashley Westwood, Jack Cork, Dwight McNeil; Jeff Hendrick (Vydra 73); Chris Wood

Premier League Chelsea Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.092

Bagikan