Chelsea 4-1 Arsenal: Eden Hazard Menggila, The Blues Juara Liga Europa 2018-2019

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 30 Mei 2019
Chelsea 4-1 Arsenal: Eden Hazard Menggila, The Blues Juara Liga Europa 2018-2019
Chelsea menang 4-1 atas Arsenal di final Liga Europa (@EuropaLeague)

BolaSkor.com - Chelsea meraih titel Liga Europa kedua dalam sejarah klub kala memainkan Derby London kontra Arsenal di Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5) dini hari WIB. Tidak tanggung-tanggung, The Blues menang 4-1.

Arsenal arahan Unai Emery turun dengan taktik 3-4-1-2 dan langsung menurunkan dua striker andalan, Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette. Sementara Chelsea-nya Maurizio Sarri tetap setia dengan 4-3-3.

The Blues mengandalkan Pedro Rodriguez, Eden Hazard, dan Olivier Giroud sebagai trio penyerang di depan. Giroud, top skor Liga Europa dengan torehan 10 gol, dipilih sebagai starter ketimbang Olivier Giroud. N'Golo Kante, yang dikabarkan cedera, juga jadi starter.

Pertemuan ke-198 kedua tim di seluruh kompetisi berlangsung sengit. Arsenal, selama 20 menit pertama, bermain lebih baik daripada Chelsea dan gencar menguji pertahanan Chelsea yang digalang duet Andreas Christensen-David Luiz.

Baca Juga:

Perjalanan Chelsea Menuju Final Liga Europa 2018-2019: Melaju Tanpa Tumbang

Chelsea Vs Arsenal: Memori Kelam The Gunners di Final Kompetisi Eropa

Chelsea vs Arsenal

Pada menit 18 drama nyaris terjadi kala Lacazette terlihat dijatuhkan oleh Kepa Arrizabalaga. Namun, wasit tidak melihatnya sebagai pelanggaran dan VAR (Video Asisten Wasit) juga tidak melihatnya sebagai pelanggaran.

Namun menjelang akhir babak pertama, justru Petr Cech, kiper Arsenal, yang mendapatkan dua ujian melalui dua sepakan tepat sasaran Emerson dan Giroud. Beruntung, legenda Chelsea itu mampu menepisnya.

Paruh pertama berakhir dalam laga bertajuk Derby London berakhir imbang tanpa gol. Arsenal memulai laga dengan baik, tapi, Chelsea juga memberikan ancaman berbahaya melalui efektivitas bermain mereka. Laga berjalan ketat.

Pertandingan di babak kedua berjalan lebih seru. Baru empat menit dimulai, Giroud sudah menambah torehan golnya di Liga Europa menjadi 11. Menerima umpan silang Emerson, Giroud menanduk bola ke pojok kanan gawang Arsenal tanpa mampu ditepis Cech. 1-0 Chelsea unggul.

Momentum Chelsea terus berlanjut hingga dua gol tambahan berikutnya tercipta. Gol kedua dilesakkan Pedro pada menit 60 kala menerima assist dari Hazard, lalu enam menit setelahnya, Hazard mencetak gol dari titik putih.

Penyerang sayap asal Belgia mencetak gol penalti ke gawang Cech setelah sebelumnya Giroud dilanggar Ainsley Maitland-Niles di kotak terlarang. Chelsea unggul 3-0 dan Hazard benar-benar mengerahkan segalanya di kemungkinan laga terakhir dengan klub.

Gol Eden Hazard

Emery memasukkan Matteo Guendouzi dan Alex Iwobi menggantikan Nacho Monreal dan Lucas Torreira setelah tertinggal 0-3. Iwobi seakan memberi dampak besar melalui gol tendangan jarak jauh yang tercipta di menit 69, memperkecil ketertinggalan Arsenal jadi 1-3.

Akan tapi, Hazard kembali jadi pembeda melalui gol keduanya yang tercipta di menit 72. Berawal dari bola yang direbut dari kaki pemain Arsenal, Hazard berkombinasi dengan Giroud sebelum mencetak gol keempat Chelsea. 4-1 Chelsea menjauh.

Tidak ada lagi gol yang tercipta hingga waktu tambahan berakhir di babak kedua. Chelsea menang 4-1 dan meraih titel Liga Europa kedua setelah terakhir meraihnya pada 2012-13.

Susunan Pemain:

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, David Luiz, Emerson; N’Golo Kante, Jorginho, Mateo Kovacic (Ross Barkley 76'); Pedro (Willian 71'), Olivier Giroud, Eden Hazard.

Pemain Cadangan: Willy Caballero, Marcos Alonso, Gary Cahill, Davide Zappacosta, Gonzalo Higuain, Jamie Cumming, George McEachran, Ethan Ampadu, Willian, Ross Barkley.

Pelatih: Maurizio Sarri

Arsenal (3-4-1-2): Petr Cech; Sokratis, Laurent Koscielny, Nacho Monreal (Matteo Guendouzi 66'); Ainsley Maitland-Niles, Lucas Torreira (Alex Iwobi 67'), Granit Xhaka, Sead Kolasinac; Mesut Ozil (Joe Willock 77'); Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette.

Pemain Cadangan: Carl Jenkinson, Eddie Nketiah, Bernd Leno, Alex Iwobi, Mohamed Elneny, Matteo Guendouzi, Stephan Lichtsteiner, Dejan Iliev, Shkodran Mustafi, Bukayo Saka, Danny Welbeck, Joe Willock.

Pelatih: Unai Emery

Breaking News Liga Europa Final liga europa Arsenal Chelsea Eden hazard Olivier giroud
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan