Chelsea 4-4 Ajax: Dua Kartu Merah dan VAR Warnai Drama Delapan Gol di Stamford Bridge

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 06 November 2019
Chelsea 4-4 Ajax: Dua Kartu Merah dan VAR Warnai Drama Delapan Gol di Stamford Bridge
Chelsea 4-4 Ajax Amsterdam (@ChampionsLeague)

BolaSkor.com - Pertandingan seru berjalan di Stamford Bridge, markas Chelsea, dalam lanjutan laga keempat grup H Liga Champions, melawan Ajax Amsterdam, Kamis (06/11) dini hari WIB. Laga berakhir dengan skor 4-4 dan diwarnai drama dua kartu merah plus partisipasi VAR (Video Asisten Wasit).

Baik Chelsea dan Ajax Amsterdam sama-sama turun dengan taktik 4-2-3-1. Chelsea mengandalkan Willian, Mason Mount, Christian Pulisic, Tammy Abraham sebagai pemain ofensif di depan, sedangkan Ajax punya David Neres, Hakim Ziyech, Quincy Promes, dan Dusan Tadic di lini depan.

Pertandingan berjalan terbuka di Stamford Bridge. Bagaimana tidak, dua gol sudah langsung tercipta meski laga belum genap 10 menit. Gol pertama tercipta di menit dua kala Tammy Abraham mencetak gol bunuh diri, mendefleksikan bola dari Promes ke gawangnya sendiri.

Baca Juga:

Frank Lampard Samai Rekor Tiga Dekade Chelsea

Menilik Perbedaan Skuat Muda Chelsea dan Manchester United

Willian, Pilar Penting di Tengah Skuat Belia Chelsea

Sementara gol berikutnya tercipta di menit empat. Jorginho mencetak gol dari titik putih setelah Pulisic dijatuhkan oleh Joel Veltman. Tanpa ampun, Jorginho mencetak gol ke gawang Ajax yang dijaga oleh Andre Onana.

Ajax tidak segan meladeni Chelsea dengan permainan terbuka meski mereka bermain di markas lawan. Benar saja, pada menit 20, Ajax kembali unggul ketika tandukkan Promes menanduk bola, mengelabui Cesar Azpilicueta, ketika menerima umpan silang Ziyech. 2-1 Ajax unggul.

Chelsea coba meningkatkan intensitas serangan mereka untuk kembali mencetak gol. Akan tapi, malah Ajax yang menambah keunggulan di menit 35. Lagi-lagi gol bunuh diri. Kali ini, Kepa Arrizabalaga mencetak gol bunuh diri kala bola sepakan Ziyech dari tendangan bebas mengenai wajahnya.

Ajax Amsterdam

Hujan empat gol di babak pertama itu bertahan hingga turun minum, plus tambahan waktu satu menit berakhir.

Di babak kedua, Frank Lampard memasukkan Reece James menggantikan Marcos Alonso. Namun, Ajax yang semakin menjauh dengan gol keempat yang mereka cetak di menit 55. Donny van de Beek, menerima bola dari Ziyech, mencetak gol dari dalam kotak penalti. 4-1 Ajax menjauh.

Saat laga sepertinya telah berakhir untuk Chelsea, momen comeback terjadi pada menit 63. James memberikan umpan silang, didefleksikan oleh Abraham, dan bola bergulir di area kotak penalti lalu disambar oleh Azpilicueta. 2-4 Chelsea coba mengejar ketertinggalan.

Drama terjadi di menit 69. Dua kartu merah diberikan wasit kepada dua pemain Ajax, Joel Veltman dan Daley Blind, dua bek tengah Ajax. Blind menerima kartu merah kedua setelah melakukan pelanggaran keras kepada Abraham.

Sementara Veltman menerima kartu merah setelah dianggap sengaja melakukan handball kala coba memblok bola sepakan Callum Hudson-Odoi. Penalti diberikan dan Jorginho memperkecil kedudukan jadi 3-4.

Tak punya pilihan lain, Erik ten Hag memasukkan Edson Alvarez dan Perr Schuurs, menggantikan dua pemain ofensif Ajax, David Neres dan Hakim Ziyech.

Ajax kalah jumlah pemain, Chelsea mampu memanfaatkannya di menit 74. James, yang baru masuk di babak kedua, menyambar bola liar di kotak penalti Ajax dan melepaskan tendangan kencang ke gawang Ajax. 4-4 kedudukan kini.

Pasca gol itu, Chelsea punya cukup peluang untuk unggul dan bahkan mencetak satu gol lagi dari gol Azpilicueta. Sayang, gol pemain asal Spanyol itu dianulir karena VAR (Video Asisten Wasit). Lalu peluang lainnya digagalkan oleh Onana yang tampil apik di laga ini.

Empat menit tambahan waktu berakhir di babak kedua dan tidak ada lagi gol yang tercipta di Stamford Bridge. Laga berakhir 4-4 dan persaingan semakin seru di grup H. Chelsea, Ajax, dan Valencia, sama-sama meraih tujuh poin, hanya Lille yang ada di dasar klasemen dengan raihan satu poin.

Susunan Pemain:

Chelsea (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta (c), Kurt Zouma, Fikayo Tomori, Marcos Alonso (Reece James 46'); Jorginho, Mateo Kovacic (Michy Batshuayi 87'); Willian, Mason Mount (Callum Hudson-Odoi 60'), Christian Pulisic; Tammy Abraham.

Pemain Cadangan: Andreas Christensen, Reece James, Callum Hudson-Odoi, Willy Caballero, Billy Gilmour, N'Golo Kante, Michy Batshuayi.

Pelatih: Frank Lampard

Ajax Amsterdam (4-2-3-1): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Joel Veltman, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Donny van de Beek, Lisandro Martinez; David Neres (Perr Schuurs 72'), Hakim Ziyech (Edson Alvarez 72'), Quincy Promes; Dusan Tadic (c).

Pemain Cadangan: Perr Schuurs, Klaas Jan Huntelaar, Razvan Marin, Siem de Jong, Sergino Dest, Edson Alvarez, Bruno Varela.

Pelatih: Erik ten Hag

Breaking News Chelsea Stamford bridge Ajax Ajax amsterdam Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan