BolaSkor.com - Chelsea secara sensasional mampu mengalahkan FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions 2020-2021. Menariknya, hasil ini tidak membuat terkejut sang manajer, Thomas Tuchel.

Dalam laga yang berlangsung di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Kamis (8/4) dini hari WIB, Chelsea mengalahkan Porto dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan The Blues dicetak oleh Mason Mount dan Ben Chilwell.

Chelsea memang layak meraih kemenangan ini. Penampilan mereka secara keseluruhan jauh lebih baik ketimbang Porto.

Baca Juga:

5 Pemain yang Pernah Membela Porto dan Chelsea

Jose Mourinho dan Cerita Kesuksesan dari Porto ke Chelsea

Chelsea Semakin Berbahaya Usai Kalah dari West Brom

Thomas Tuchel

Padahal tim asal London itu datang ke pertandingan ini dengan modal yang kurang baik. Chelsea baru saja dipermalukan West Bromwich Albion dengan skor 2-5 pada lanjutan Premier League, akhir pekan lalu.

Namun efek buruk dari kekalahan tersebut tidak terlihat. Chelsea justru tampil dengan lebih termotivasi.

Tuchel mengaku sejak awal yakin tim asuhannya dapat tampil gemilang kontra Porto. Ia melihat perubahan positif yang ditunjukkan para pemain usai kalah dari West Brom.

"Saya cukup yakin mereka akan bereaksi dengan baik setelah kekalahan dari West Brom. Saya melihat respons segera di ruang ganti dan berkesimpulan itu bukan masalah besar," kata Tuchel kepada BT Sport.

Kami menerima kekalahan itu dan siap merespons. Tantangan terbesar adalah bangkit kembali."

Namun Tuchel tak menampik Porto memberi perlawanan sengit dalam pertandingan tadi. Sejumlah peluang emas memang sempat diciptakan oleh tim asuhan Sergio Conceicao.

"Ini pertandingan yang sulit karena tim Porto yang kuat. Ada banyak momen di mana kami menderita tapi semangat para pemain bagus dan itu hasil yang luar biasa," tambahnya.

Puji pencetak gol

Pada kesempatan yang sama, Tuchel juga tak ragu memuji dua pencetak golnya. Mount dan Chilwell memang membobol gawang Porto dengan cara yang cukup indah.

"Saya sangat senang Mount mencetak gol yang sangat penting saat membuka keunggulan. Bukan tembakan yang mudah tapi sangat tepat," kata Tuchel lagi.

"Gol Chilwell luar biasa. Dia tetap tenang dan melewati penjaga gawang. Sangat penting untuk mendapatkan gol tandang kedua."

Kemenangan dengan dua gol ini memang sangat berharga bagi Chelsea. Mereka hanya perlu meraih hasil imbang pada leg kedua untuk menyegel satu tempat di babak semifinal.