BolaSkor.com - Manchester United sukses mendatangkan Christian Eriksen secara gratis pada musim panas ini. Namun gelandang berkebangsaan Denmark itu bukan bintang pertama yang direkrut dengan cara serupa.

Manchester United dikenal sebagai salah satu klub terbesar di dunia. Raksasa Inggris itu juga didukung kekuatan finansial yang memadai.

Mendatangkan pemain bintang dalam setiap bursa transfer merupakan sebuah rutinitas bagi Manchester United. Tak jarang Setan Merah berani memecahkan rekor transfer.

Baca Juga:

David De Gea Respons Kritik Terkait Gaya Bermainnya

Jadon Sancho Cermati Wajah Berbeda Manchester United

Bruno Fernandes: Cristiano Ronaldo Bukan Sumber Masalah Manchester United

Namun bukan berarti Manchester United selalu menghambur-hamburkan uang di bursa transfer. Ada kalanya mereka memboyong pemain berkategori bintang secara cuma-cuma.

Eriksen menjadi nama terakhir yang didatangkan dengan cara serupa. Ia diboyong usai tampil apik bersama Brentford pada paruh kedua musim lalu.

Sejumlah bintang besar lain juga pernah diboyong Manchester United tanpa mengeluarkan biaya transfer, Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Laurent Blanc

Manchester United mendatangkan Blanc secara gratis pada musim panas 2001. Ketika itu sang pemain baru berpisah dengan Inter Milan.

Keputusan Manchester United memboyong Blanc sempat menuai kritik karena sang bek telah berusia 35 tahun. Apalagi ia diproyeksikan menjadi pemain inti menggantikan Jaap Stam.

Blanc sempat tampil kurang meyakinkan pada awal kariernya di Old Trafford. Namun secara perlahan ia mampu membungkam kritik usai membantu Manchester United memenangi gelar Premier League 2002-2003.


2. Michael Owen

Michael Owen bisa dibilang menjadi bintang bernama besar kedua yang didatangkan secara gratis oleh Manchester United. Momen itu terjadi pada musim panas 2009.

Sama seperti Blanc, kedatangan Owen juga diwarnai kontroversi. Hal itu tak lepas dari latar belakangnya sebagai mantan bintang Liverpool.

Yang mengejutkan, Owen mendapat kehormatan mengenakan jersey bernomor tujuh keramat peninggalan Cristiano Ronaldo. Hal ini sempat membuatnya menjadi sorotan.

Owen pada akhirnya bermain untuk Manchester United selama tiga musim. Dalam waktu yang relatif singkat tersebut, ia mampu mempersembahkan tiga trofi bergengsi termasuk Premier League 2010-2011.


3. Victor Valdes

Manchester United secara mengejutkan mendatangkan Victor Valdes pada musim dingin 2015. Sebelumnya mantan kiper itu hanya ikut berlatih sambil memulihkan cederanya.

Kehadiran Valdes diproyeksikan untuk menjadi pesaing David De Gea. Reputasinya memang tak perlu diragukan karena pernah menjadi andalan di bawah mistar Barcelona.

Namun Valdes pada akhirnya lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan. Penampilan apik De Gea membuatnya sulit menjadi pilihan utama.


4. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic membuat heboh media sosial saat mengumumkan kepindahannya ke Manchester United pada musim panas 2016. Ketika itu dirinya baru mengakhiri kontrak dengan Paris Saint-Germain.

Bergabungnya Ibrahimovic tak lepas dari sosok Jose Mourinho yang kala itu bertugas sebagai manajer. Hubungan keduanya memang terjalin dengan baik.

Meski datang secara cuma-cuma, Ibrahimovic mampu memberikan dampak besar. Ia sukses menuntun Manchester United ke tangga juara Liga Europa pada musim perdananya.

Sayang, cedera lutut parah membuat karier Ibrahimovic di Manchester United harus berakhir secara singkat. Ia memutuskan mengakhiri kontrak pada musim dingin 2018 dan melanjutkan karier di MLS bersama LA Galaxy.


5. Edinson Cavani

Edinson Cavani menjadi bintang terakhir sebelum Eriksen yang didatangkan secara gratis oleh Manchester United. Bomber berkebangsaan Uruguay itu tiba pada musim panas 2020.

Karier Cavani bersama Manchester United memang terhambat dengan serangkaian cedera. Namun ia masih mampu mencetak gol-gol penting untuk mengantar tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer lolos ke final Liga Europa.

Prestasi tersebut membuat Cavani mendapat perpanjangan kontrak berdurasi satu tahun. Sayangnya ia gagal mempertahankan performanya karena lebih banyak absen akibat cedera.