BolaSkor.com - Persebaya Surabaya sukses memperpanjang rekor tak terkalahkan saat bersua Persija Jakarta. Sejak gelaran Liga 1 2018, Persebaya belum pernah kalah dari Persija dalam lima pertemuan. Catatan itu diperbarui Persebaya pada pekan kesembilan Liga 1 2021/2022.

Bajol Ijo yang ditinggalkan banyak penggawanya lantaran membela Merah Putih berhasil menangkan duel klasik kontra Macan Kemayoran, julukan Persija, dengan skor tipis, 0-1, di Stadion Manahan, Solo tadi malam. Satu-satunya gol yang tercipta pada laga ini dihasilkan gelandang Persebaya asal Jepang, Taisei Marukawa.

Taisei berhasil memanfaatkan kesalahan intersep bek Persija, Otavio Dutra dan Rezaldi Hehanusa, hingga berhasil mengecoh kiper Andritany Ardhiyasa pada menit ke-25. Hanya saja, setelah unggul di babak pertama, Persebaya lebih banyak bertahan di babak kedua. Sementara itu, Persija terus berusaha menekan Persebaya, namun gagal mencetak gol hingga peluit panjang berbunyi.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC dan Madura United Kompak Menang

Pelatih Persib Anggap Sulit Pertahankan Rekor Tak Terkalahkan

Pelatih Persebaya Aji Santoso memuji perjuangan pemainnya mampu meraih kemenangan meski banyak pemain yang absen. Seperti diketahui, Persebaya tidak dapat menurunkan beberapa pemainnya yang tengah membela timnas Indonesia U-23, menderita cedera dan mendapat akumulasi kartu.

"Beberapa pemain inti kami tidak bisa main. Stok gelandang kami hanya menyisakan Rendi (Irwan) dan Hambali (Tolib), ada juga Dicky (Kurniawan) pemain muda. Saya mengambil keputusan memainkan Rendi sebagai gelandang serang dibantu M. Hidayat dan Alwi Slamat sebagai gelandang bertahan. Alhamdulillah, tiga pemain ini tampil bagus sepanjang pertandingan," beber Aji.

Mengalahkan Persija tentu bukanlah hal mudah karena berisi banyak pemain top seperti Marko Simic dan Riko Simanjuntak. Aji menyebutkan motivasi Rendi Irwan dkk. yang kuat menjadi kunci keberhasilan timnya memetik kemenangan laga ini.

"Saya sampaikan ke pemain setelah lawan Persela Lamongan, kami angkat mental pemain. Sehingga pemain harus yakin dan percaya pada rekan-rekannya," ungkap pelatih 51 tahun tersebut.

Tidak hanya meraih tiga angka, Persebaya juga bisa menahan serangan Persija dan berhasil menang tanpa kebobolan. Hasil ini adalah clean sheet pertama tim asal Kota Pahlawan tersebut sejak menang 4-0 atas Bhayangkara FC pada tanggal 8 Desember 2019 silam.

Raihan ini membuat Alie Sesay memuji kerja keras rekan-rekannya. Dia juga meminta rekan-rekannya untuk terus fokus dan konsisten di laga selanjutnya nanti.

"Saya senang karena ini clean sheet pertama di musim ini. Pemain tampil dengan cara Persebaya main, dengan semangat tinggi. Kami fokus mempertahankan (tren) kemenangan ini," tegas pemain berkebangsaan Sierra Leone kelahiran Inggris ini.

Hasil ini membawa tim kebanggaan Bonek tersebut langsung ke papan tengah. Persebaya berada di peringkat 5 dengan total 13 poin dibawah Persib Bandung, Bhayangkara FC, PSIS Semarang, dan Arema FC. Sementara Persija yang gagal menghentikan rekor buruk saat melawan Persebaya sejak tahun 2018, merosot ke peringkat tujuh klasemen sementara. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)