Coaching Clinic Tokyo Verdy di Jakarta, Mencari The Next Pratama Arhan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 04 Desember 2022
Coaching Clinic Tokyo Verdy di Jakarta, Mencari The Next Pratama Arhan
Coaching clinic Tokyo Verdy di Lapangan Rugby, Jakarta, Senayan, Minggu (4/12). (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

BolaSkor.com - Klub J2 League, Tokyo Verdy, menggelar coaching clinic di Jakarta selama dua hari. Coaching clinic kali ini merupakan salah satu kegiatan kerja sama Tokyo Verdy dengan klub Liga 1, RANS Nusantara FC.

Coaching clinic pertama digelar di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/12) sore WIB. Coaching clinic kedua digelar di Lapangan Rugby, Senayan, Jakarta, Minggu (4/12) sore.

Pada hari pertama, para peserta coaching clinic merupakan pemain RANS Nusantara U-18, U-19, dan U-20. Sedangkan hari kedua, kebanyakan merupakan anak-anak usia U-12 dari Pakuan City FC. Ada juga anak-anak Jepang yang tinggal di Indonesia.

Baca Juga:

11 Fakta Menarik Jepang dan Spanyol ke Babak 16 Besar

Kebersihan Sebagian dari Iman, Representatif Budaya Jepang di Piala Dunia 2022

Melihat 3 Pemain J League Non-Jepang yang Mentas di Piala Dunia 2022

Tokyo Verdy
Tokyo Verdy. (J League)

Bisnis Development Tokyo Verdy, Yuta Saito, menjelaskan awal mula kerja sama dengan RANS Nusantara hingga melakukan kegiatan coaching clinic.

“Kami melakukan semua ini berawal dari Pratama Arhan. Kami rekrut Pratama Arhan sudah merupakan bentuk kerja sama dengan Indonesia,” kata Yuta Saito di Lapangan Rugby, Senayan, Jakarta, Minggu (4/12).

“Jujur, kami baru bertemu pihak RANS secara langsung kemarin. Coaching clinic merupakan kegiatan awal. Belum bicara detail kerja sama kegiatannya apa saja dan berapa lama. Kami akan bicarakan lebih jauh soal kerja sama ini nanti. Kegiatannya apa saja dari kerja sama ini,” tambahnya.

Mengapa RANS Nusantara FC?

Tokyo Verdy
Coaching clinic Tokyo Verdy di Lapangan Rugby, Jakarta, Senayan, Minggu (4/12). (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

Yuta Saito menjelaskan mengapa RANS Nusantar FC dipilih untuk melakukan kolaborasi dengan Tokyo Verdy. Ia pun tak menampik ke depannya Tokyo Verdy memperluas jaringan kerja sama dengan klub Liga 1 lainnya.

“Kami menanyakan kepada orang Jepang di Indonesia soal perkembangan sepak bola dan klub di sini. Orang Jepang itu sebagai koordinator yang mengetahui sepak bola dan kami percaya. Dia merekomendasikan RANS,” ujar Yuta Saito.

“Ada tiga alasan kami akhirnya setuju memilih RANS. Pertama, RANS dan Tokyo Verdy merupakan klub ibu kota negara, RANS di Jakarta, Tokyo Verdy di Kota Tokyo. Kedua memiliki visi misi yang sama. Ketiga logonya mirip, sama-sama burung, walaupun beda jenis,” tambahnya.

Mencari The Next Pratama Arhan

Pratama Arhan
ksi Pratama Arhan bersama Tokyo Verdy. (Media Tokyo Verdy)

Di sisi lain, pelatih Tokyo Verdy School, Tetsuo Matsumoto, menjelaskan materi apa saja yang diberikan dalam coaching clinic kali ini.

“Kemarin kami melakukan pembinaan pemain RANS usia 18, 19, dan 20 tahun. Kami tekankan style Tokyo Verdy, menyerang dengan passing cepat,” kata Tetsuo Matsumoto.

“Hari ini tergolong anak-anak junior. Kami menekankan kerja sama dalam tim, tapi kami ajarkan kegembiraan dan kesenangan bermain sepak bola, agar mereka tidak bosan. Intinya, gembira namun tetap serius menjalin kerja sama tim,” tambahnya.

Tetsuo Matsumoto sangat antusias melihat para pontensi pemain Indonesia. Ia pun kagum dengan etos kerja para suksesor Pratama Arhan.

“Mereka ada yang dari Indonesia, ada yang dari Jepang, namun komunikasi mereka terjalin, bisa memanggil nama satu sama lain, walaupun berkomunikasi dengan bahasa tubuh,” ujar Tetsuo Matsumoto.

“Para pemain dari Indonesia bersungguh-sungguh mendengarkan materi. Sikapnya tegap dan sopan memperlihatkan bentuk keseriusan,” ungkapnya.

“Saya lihat para pemain Indonesia di lapangan sudah bagus. Hanya tinggal dalam penguatan badan. Itu yang harus ditekankan, pasti nanti akan semakin lebih baik,” tambahnya.

Tokyo Verdy Rans Nusantara Liga 1 J League Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.858

Bagikan