Cody Gakpo, Penyerang Multifungsi Milik Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 27 Desember 2022
Cody Gakpo, Penyerang Multifungsi Milik Liverpool
Cody Gakpo (Twitter)

BolaSkor.com - Pergerakan cepat dilakukan Liverpool dalam mengamankan target jelang bursa transfer musim dingin yang baru dibuka Januari 2023. The Reds sukses merekrut pemain berusia 23 tahun, Cody Gakpo, dari PSV Eindhoven.

Laman resmi PSV Eindhoven mengonfirmasi kabar tersebut. Menurut David Ornstein, Koresponden The Athletic, banderol Gakpo sebesar 40-50 juta euro total. Gakpo akan segera menjalani tes medis di Liverpool.

"PSV dan Liverpool FC telah mencapai kesepakatan tentang transfer Cody Gakpo yang akan datang. Penyerang berusia 23 tahun itu akan segera berangkat ke Inggris di mana dia akan menjalani formalitas yang diperlukan untuk menyelesaikan transfer," tutur pernyataan dari PSV.

Seperti halnya pada Januari 2021 ketika menyalip Tottenham Hotspur dalam perebutan Luis Diaz, Liverpool kembali melakukannya dan kali ini merebut Gakpo dari bidikan Manchester United.

Baca Juga:

Liverpool Tikung Manchester United dalam Perburuan Cody Gakpo

Disalip Liverpool dalam Perburuan Cody Gakpo, Manchester Ulangi Cerita soal Sadio Mane

Bukan Ditikung, Manchester United Tak Serius Kejar Cody Gakpo

Lini depan Liverpool seyogyanya sudah dipadati pemain mulai dari Roberto Firmino, Mohamed Salah, Diogo Jota, Luis Diaz, Darwin Nunez, hingga Fabio Carvalho, lantas di mana Cody Gakpo akan bermain? Simak pernyataan dari eks pemain timnas Belanda, Robin van Persie.

"Dia (Gakpo) adalah pemain yang bagus dan selalu menemukan cara di sebagian besar pertandingan untuk memberikan pengaruh, dalam hal memberikan assist atau mencetak gol. Dia selalu berbahaya," tutur Van Persie soal Gakpo pada Oktober lalu.

"Dia bukan striker natural; dia bisa bermain sebagai No.10 (gelandang serang), di sayap (kiri), sebagai striker palsu atau di sayap kanan. Dia bisa bermain di empat posisi di depan. Dia memiliki fisik yang bagus. Dia kuat, cepat dan bisa menggiring bola. Dia pemain serba bisa."

Sejauh di Eredivisie Gakpo sudah mencetak sembilan gol dan memberikan 12 assists, jumlah itu yang terbanyak, dengan catatan lainnya - juga yang terbanyak di liga - seperti 51 tendangan, 59 kali penciptaaan peluang, dan sukses melalui lawan 26 kali.

Dengan cederanya Luis Diaz dan Diogo Jota, serta kebutuhan mencari pengganti Sadio Mane, wajar jika Liverpool merekrut penyerang baru lagi.

"Fleksibilitas, profesionalisme, dan output Gakpo di lapangan menjelaskan dengan cukup jelas mengapa Liverpool memutuskan untuk mendatangi PSV dan (merekrut) penyerang Belanda," papar Joe Shread, memberikan analisanya di Sky Sports.

Pemain multifungsi seperti Cody Gakpo dapat bermain di setiap posisi di lini depan. Ia dapat mencetak gol, menciptakan peluang, dan membuat bingung pertahanan lawan. Pada Piala Dunia 2022 Gakpo mencetak tiga gol dari lima laga bersama timnas Belanda.

Cody Gakpo Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan