Comeback Phil Jones, "Oase di Tengah Gurun" Kekalahan United di Old Trafford

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 04 Januari 2022
Comeback Phil Jones,
Phil Jones (Twitter)

BolaSkor.com - Awal tahun 2022 tidak hanya pahit untuk Real Madrid yang menelan kekalahan, tapi juga Manchester United sekaligus kekalahan perdana untuk Ralf Rangnick. Kekalahan itu hadir di Old Trafford pada pekan 21 Premier League lawan Wolverhampton Wanderers, Selasa (04/01) dini hari WIB.

Cukup satu gol dari Joao Moutinho di menit 82 untuk jadi pembeda hasil akhir pertandingan. Moutinho melepaskan tendangan dari luar kotak penalti kala menyambar bola sapuan dari Phil Jones dan tanpa dapat kawalan ketat, sepakannya masuk ke gawang United yang dijaga David De Gea.

Wolves mengontrol pertandingan dengan 19 tendangan dan enam tepat sasaran, berbanding dua sepakan tepat sasaran United dari sembilan percobaan meski tuan rumah punya 52 persen penguasaan bola.

Baca Juga:

Man United 0-1 Wolves: Aib Rangnick, Rekor 42 Tahun Berakhir

Sudah Waktunya Manchester United Copot Jabatan Kapten Harry Maguire

Bruno Fernandes Terancam Jadi Korban Taktik Rangnick

Selebrasi gol Joao Moutinho

Dari segi catatan minor rekor yang terukir itu jadi kekalahan pertama United dengan Rangnick, manajer yang menggantikan Ole Gunnar Solskjaer, plus jadi kemenangan tandang pertama Wolves di Old Trafford pada ajang liga sejak 1980 (42 tahun lalu).

Kendati demikian ada satu hal positif dari laga itu yang jadi sorotan publik, yakni comeback Phil Jones yang kembali bermain setelah dua tahun absen. Jones (29 tahun) tampil menggantikan Harry Maguire dan tidak tampil buruk, bahkan tampil bagus mengingat lamanya ia absen bermain.

Statistik dan Banjir Pujian

"Saya pikir dia (Jones) tampil bagus, tidak bermain selama dua tahun pada level seperti ini. Kita tak melihatnya (efek absennya itu) dalam pertandingan. Dia melakukan pekerjaannya dan melakukan persis apa yang saya harapkan darinya," ucap Rangnick memuji Jones.

Penampilan Jones memang impresif. Di paruh pertama lawan Wolves dia memenangi 100 persen takel (dua dari dua), akurasi operan bola 96 persen, 24 operan sukses, tiga kali memblok bola, dan dua kali memotong bola dari lawan.

Tiga laga Premier League terakhir Jones uniknya juga terjadi di tahun berbeda: kontra Sheffield United (2019), Burnley (2020), dan Wolves (2022). Tak ayal comeback dia kali ini juga spesial dengan performanya tersebut, hingga pandit-pandit sepak bola juga memujinya.

Aksi Phil Jones (kanan) menghadapi Daniel Podence

"Mengingat lamanya dia absen karena cedera, saya pikir dia benar-benar brilian. Dia melakukannya dengan sangat baik. Jika ada hal positif dari malam ini, itu pasti positif. Saya pikir dia fantastis," ucap mantan pemain Man United, David May.

“Melihat tekanan yang dia alami secara mental, baginya untuk pergi ke sana dan menampilkan performa bagus seperti yang dia lakukan, bahkan pada menit terakhir, untuk berada di atas sana dan memenangkan tendangan bebas itu yang bisa mendapatkan poin untuk timnya, itu penghargaan penuh untuknya sebagai individu," imbuh Siobhan Chamberlain.

"Untuk bagaimana dia melakukan dirinya sendiri selama periode ini dan bagaimana dia berhasil menghasilkan kinerja ini di lapangan."

Total di akhir laga catatan Jones adalah: 90 persen akurasi operan, 60 sentuhan bola, delapan kali berduel, memenangi tujuh duel, tujuh kali merebut bola, tiga tekel, tiga kali memblok tendangan, dua satpuan, dua interceptions, dan sekali mendribel bola. Welcome back, Phil Jones.

Breaking News Phil jones Manchester United Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan