BolaSkor.com - PSSI berencana menerapkan regulasi terbaru dalam kompetisi Liga 1 dan Liga 2 apabila dilanjutkan. Regulasi tersebut berupa keharusan setiap tim menggunakan pemain U-20 pada setiap pertandingannya.

Penerapan regulasi pemain U-20 ini disarankan oleh Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), saat rapat virtual dengan PSSI beberapa waktu lalu. APSSI ingin setiap tim wajib menurunkan pemain-pemain tersebut bukan sekedar formalitas aja.

COO Bhayangkara FC, Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Sumardji setuju dengan adanya wacana regulasi pemain U-20 pada lanjutan Liga 1 musim 2020. Menurut Sumardji aturan tersebut positif untuk pesepakbola muda.

Baca Juga:

COO Bhayangkara FC Nilai Terkesan Dipaksakan Jika Liga 1 Digelar di Pulau Jawa

Bhayangkara FC Kesulitan Pencairan Dana Sponsor jika Kompetisi Kembali Digelar

"Itu yang harusnya diterapkan, setuju sekali kalau pemain muda diberikan jam main, itu yang penting. Regulasi itu di kompetisi lanjut kalau bisa diterapkan," kata Sumardji.

Akan tetapi, PSSI masih belum memberikan keputusan regulasi pemain U-20 akan dipakai atau tidak. Kemungkinan aturan ini akan diumumkan bersamaan dengan nasib kompetisi yang sedang ditangguhkan karena adanya pandemi COVID-19.

Lebih lanjut, Sumardji juga berkomentar tentang Liga 1 yang akan digelar kembali pada September atau Oktober mendatang. Menurutnya jika kompetisi digelar pada bulan tersebut masih sangat sulit, meskipun PSSI berencana menambakan subsidi menjadi Rp800 juta.

"Jadi posisinya sekarang kami sulit. Namun, kalau memang PSSI sudah meminta liga kembali berjalan, ya kami tetap harus ada dalam bagian dari kompetisi itu," pungkas pria yang juga pernah menjabat sebagai manajer Timnas Indonesia tersebut.