BolaSkor.com - Timnas Argentina 'lolos dari lubang jarum' di penyisihan grup B Copa America 2019. Albiceleste memastikan satu tempat di fase gugur usai meraih kemenangan dengan skor 2-0 melawan Qatar di laga pamungkas grup B.

Bermain melawan Qatar di Arena do Gremio, Senin (24/6) dini hari WIB, Argentina asuhan Lionel Scaloni menang 2-0 melalui gol yang ditorehkan Lautaro Martinez (4') dan Sergio Aguero (82').

Argentina mendominasi laga dengan 54 persen penguasaan bola berbanding 46 persen Qatar dan melepaskan 19 tendangan - delapan di antaranya tepat sasaran. Sementara Qatar hanya melepaskan empat tendangan dan satu sepakan tepat sasaran.

Baca Juga:

Copa America 2019: Lionel Messi Selamatkan Argentina dari Kekalahan

Anomali Paulo Dybala: Kesulitan Bermain dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Lionel Messi: Argentina Bisa Gila Jika Gagal Lolos Perempat Final Copa America

Selebrasi gol Sergio Aguero

Uniknya, itu jadi kemenangan pertama Argentina di Copa America 2019 setelah sebelumnya kalah 0-2 dari Kolombia dan bermain imbang 1-1 melawan Paraguay. Argentina kembali lolos dari lubang jarum penyisihan grup meski tampil tak meyakinkan.

Hasil itu juga mengartikan Argentina telah lolos ke fase grup selama 10 kali dari 10 penampilan terakhir di Copa America. Terkecuali pada 2001 ketika mereka mengundurkan diri, partisipasi mereka selalu berakhir dengan keberhasilan lolos grup.

"Argentina telah lolos dari fase grup di tiap 10 penampilan di Copa America sejak format kompetisi saat ini (sejak 1993) - mereka mengundurkan diri pada 2001. Kebiasaan," kicau @OptaJavier.

Di waktu bersamaan, Kolombia juga menjaga rekor tak pernah kalah dan menyapu bersih tiga laga grup dengan kemenangan. Skuat asuhan Carlos Queiroz menang 1-0 di laga terakhir grup melawan Paraguay via gol tunggal Gustavo Cuellar di menit 31.

Kolombia, untuk kali pertama, memenangi tiga laga grup Copa America sejak tahun 2001. Selain itu juga, Queiroz melakukan rotasi pemain yang tepat tanpa mengurangi kualitas bermain tim.

"Kolombia telah memenangi tiap laga grup di Copa America untuk kali pertama sejak 2001, ketika mereka mengakhirinya dengan raihan trofi. Pertanda," tambah @OptaJavier.

"22 dari 23 pemain dalam skuat Kolombia untuk Copa America 2019 telah bermain di turnamen ini tahun ini, terbanyak di satu turnamen sejak 2001 (juga 22 pemain). Queiroz."

Berikut enam negara yang telah memastikan tempat di fase gugur Copa America 2019:

1. Brasil
2. Venezuela
3. Kolombia
4. Argentina.
5. Chili
6. Uruguay