BolaSkor.com - Masa-masa sulit Philippe Coutinho di Barcelona kini telah berakhir. Namun ia tak tahu pasti penyebab kegagalannya untuk bersinar bersama Blaugrana.

Coutinho datang ke Barcelona dengan ekspektasi tinggi pada Januari 2018. El Barca menebusnya dengan harga mencapai 142 juta euro dari Liverpool.

Coutinho digadang-gadang sebagai pengganti sepadan Neymar yang pergi ke PSG. Sayang, ia tak mampu menunjukkan kualitas seperti saat membela Liverpool.

Namun Coutinho kini seperti terlahir kembali sejak pindah ke Aston Villa dengan status pinjaman, Januari lalu. Ia langsung menunjukkan kualitasnya sejak laga perdana.

Coutinho tercatat sudah menorehkan empat gol dan tiga assist hanya dari sepuluh laga Premier League. Jumlah tersebut lebih banyak dari yang dikumpulkannya bersama Barcelona sejak musim lalu.

Baca Juga:

Arsenal Siap Siaga Bajak Philippe Coutinho

Steven Gerrard Takut Kehilangan Philippe Coutinho

Aston Villa Ingin Permanenkan Philippe Coutinho

Philippe Coutinho

Fakta tersebut tentu membuat publik bertanya-tanya. Apa yang salah dengan karier Coutinho di Barcelona.

Menariknya, Coutinho juga tak tahu pasti penyebab dirinya gagal bersinar di Barcelona. Ia memilih melupakan masa-masa suram tersebut.

"Sulit untuk mengatakan apa yang tidak berjalan (dengan karier saya) di Barca. Saya mengalami masa-masa indah di sana, tetapi konsistensi dan cara bertindak adalah faktor yang bisa saja berbeda," kata Coutinho kepada Globo Esporte.

Coutinho memang sempat tampil menjanjikan di awal kedatangannya ke Barcelona. Namun serangkaian cedera membuat proses adaptasinya terhambat.

Pemain berkebangsaan Brasil itu kemudian seolah sulit untuk nyetel dengan gaya bermain Barcelona. Kondisi ini membuatnya sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen selama satu musim penuh.

"Orang-orang tidak tahu betapa menyakitkannya (cedera) itu dan seberapa besar fokus saya untuk pulih. Saya melakukan perawatan di pagi, siang dan sore hari, bahkan di malam hari," tambahnya.

"Kini sudah waktunya untuk bergerak maju, selalu dengan rasa hormat dan profesionalisme yang tinggi. Saya berterima kasih kepada Barcelona karena percaya kepada saya dan saya bersyukur telah membela klub yang memiliki sejarah panjang."