BolaSkor.com - Megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, baru merayakan hari jadinya ke-35 pada 5 Februari. Dalam 18 tahun kariernya sebagai pesepakbola profesional, Cristiano Ronaldo, telah meraih segala kesuksesan, baik dari level individu, kolektif, hingga raihan trofi internasional.

Pada usia 35 tahun CR7 belum memperlihatkan penurunan performa dan masih bersaing di level tertinggi di Juventus. Harganya pun masih dinilai tinggi kendati telah berkepala tiga lebih. Dalam kariernya, Ronaldo sudah memenangi lima Ballon d'Or, lima titel Liga Champions, satu Piala Eropa, satu UEFA Nations League, tiga titel Premier League, dan dua titel LaLiga.

Berbicara soal harga, menurut data yang ada di Transfermarkt, Cristiano Ronaldo masih memiliki nilai 75 juta euro saat ini. Mantan pemain Sporting Lisbon, Manchester United, dan Real Madrid jadi pemain dengan harga termahal dalam kategori pemain berusia 35 tahun dan di atas 35 tahun.

Baca Juga:

Liverpool Melewatkan Kesempatan Emas Rekrut Cristiano Ronaldo

Efek Cristiano Ronaldo: Romelu Lukaku hingga Christian Eriksen Datang ke Serie A

Maurizio Sarri Ucap Terima Kasih untuk Ibu Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Selain Ronaldo, masih ada nama-nama lainnya yang masih berada dalam daftar kategori tersebut. Berikut BolaSkor.com menjabarkan nama-nama tersebut:

1. Thiago Silva - Enam Juta Euro

Thiago Silva

Bek PSG (Paris Saint-Germain) telah berusia 35 tahun dan tahun ini akan berumur 36 tahun pada September mendatang. Thiago Silva masih jadi bek andalan di klub yang telah dibelanya dari 2012 itu. Sebelum membela PSG, Silva bermain untuk RS Futebol, Juventude, Porto B, Dynamo Moscow, Fluminense, dan AC Milan.

2. Samir Handanovic - Enam Juta Euro

Samir Handanovic

Dikenal dengan julukan Batman karena kerap melakukan penyelamatan akrobatik. Kapten Inter Milan sudah memperkuat Nerazzurri sejak tahun 2012 pasca pindah dari Udinese. Pada usia 35 tahun harga Samir Handanovic masih berada pada kisaran enam juta euro.

Fokus Samir Handanovic saat ini sepenuhnya membela Inter karena ia telah pensiun membela timnas Slovenia pada 2015 silam. Handanovic, yang membela Slovenia sejak 2004, memiliki 81 caps dengan timnas.

3. Giorgio Chiellini - Lima Juta Euro

Giorgio Chiellini

Umurnya boleh saja 35 tahun, namun jiwa kepemimpinan dan kualitas bermainnya masih sangat diandalkan Juventus di lini belakang. Giorgio Chiellini sudah membela Bianconeri sejak 2005 dan ia belum pensiun dari timnas Italia dengan 103 caps dan delapan gol. Sebelum di Juventus, Chiellini pernah membela Livorno, AS Roma, dan Fiorentina.

4. Santi Cazorla - Empat Juta Euro

Santi Cazorla

Kariernya kembali bangkit pasca kembali ke Villarreal pada 2018 setelah enam tahun memperkuat Arsenal (2012-2018). Santi Cazorla, 35 tahun, bahkan sempat kembali dipanggil Timnas Spanyol karena performanya itu. Alumni akademi Oviedo memiliki banderol empat juta euro.

5. Andres Iniesta - Empat Juta Euro

Andres Iniesta

Legenda Barcelona berusia 35 tahun bisa saja pensiun dengan klubnya saat ini, Vissel Kobe. Tapi, di kala masih aktif bermain, Andres Iniesta masih punya banderol empat juta euro. Pengalaman besar penuh kesuksesannya dengan Barca dan timnas Spanyol menjaga performanya tetap bugar sampai saat ini.

Selain keenam nama di atas, empat nama lainnya yang berusia 35 tahun atau lebih dengan harga termahal di dunia adalah: Franck Ribery (empat juta euro), Zlatan Ibrahimovic (3,5 juta euro), Juanfran (2,5 juta euro), dan Marcelinho (2,5 juta euro).