BolaSkor.com - Mahar kurang lebihnya 400 juta poundsterling telah dikeluarkan Manchester United untuk merekrut pemain dalam enam tahun terakhir ini - sejak Sir Alex Ferguson pensiun. Ironisnya, tidak banyak perkembangan yang terjadi dalam tim.

Beberapa pemain masih dapat dijadikan investasi jangka panjang karena usia muda mereka, namun beberapa di antaranya tidak berhasil (flop) meniti karier di United. Jelang bursa transfer musim panas 2019, Man United diprediksi akan mengubah kebijakan transfer mereka.

Man United akan kembali mengacu kepada filosofi atau tradisi lama dalam merekrut pemain-pemain muda berbakat yang lapar kesuksesan dan ingin berkembang, serta menempa mereka untuk jadi pemain-pemain top Eropa.

Tradisi itu sudah diusung lama dari era Sir Matt Busby hingga Sir Alex Ferguson. Pemain-pemain muda berbakat tak hanya datang dari klub lain, tapi juga mereka yang muncul dari akademi klub. Mengenai kedua kriteria itu, Ole Gunnar Solskjaer, merujuk kepada Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:

Manchester United akan Rampungkan Transfer Talenta Muda Swansea Seharga 15 Juta Poundsterling

Daniel James, Penyerang Sayap Cepat Wales Incaran Manchester United

Persaingan Ronaldo-Messi Bikin Kapten Juventus Terkenang Nadal-Federer

Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo

Keduanya sudah mengukir sejarah besar di kancah sepak bola Inggris dan Eropa. Rooney datang dari Everton pada 2004 dan bermain dengan United hingga tahun 2017, sementara Ronaldo dari Sporting Lisbon pada 2003 dan bermain hingga 2009.

Sekedar informasi, keduanya tidak datang sebagai pemain yang sudah matang, dewasa, dan popular di Eropa, melainkan pemain-pemain muda berbakat bak berlian muda yang perlu diasah. Keduanya itu dijadikan contoh oleh Solskjaer bagaimana United seharusnya beroperasi di bursa transfer.

"Jika tidak, musim panas ini juga akan mengenai pemain-pemain yang dapat bertahan di sini selama bertahun-tahun. Tidak ini bukan hanya tentang pemain-pemain yang sudah matang. Kami tak pernah menjadi klub yang matang," terang Solskjaer kepada Sky Sports.

"Ronaldo tidak pernah jadi pemain yang matang, Wayne Rooney tidak pernah jadi pemain yang matang. Banyak pemain datang ke sini dan benar-benar berkembang jadi superstar yang sekarang ini mereka rasakan."

"Itu selalu jadi modelnya - bahwa kami akan mengembangkan pemain-pemain karena saya punya staf terbaik, lingkungan terbaik, dan suporter terbaik karena mereka mencintai pemain yang menggairahkan mereka, membuat mereka berdiri dari bangkunya dan saya harap kami mendapatkan beberapa pemain itu," terang manajer asal Norwegia.

Buruan teranyar Man United saat ini adalah penyerang sayap berusia 21 tahun asal Wales, Daniel James. Dia memiliki profil yang sesuai dengan kriteria pemain yang diinginkan Solskjaer dan kabarnya, United akan merampungkan transfernya sebesar 15 juta poundsterling.

Kembali ke 'akar' atau inti tradisi United memang harus dilakukan mereka, yang sudah membeli pemain matang tapi gagal di masa lalu. Neil Warnock, manajer Cardiff City, juga menyarankannya.

"Saya pikir mereka akan kembali kepada nilai-nilai Man United sekarang, yakni merekrut pemain-pemain muda. Itu tipe pemain (Daniel James) yang saya pikir diinginkan Man United sekarang," imbuh Warnock.

"Mereka tak punya hal yang harus dirisikokan. Saya pikir mereka harus memunculkan kembali antusiasme, semangat, yang Anda dapat dari pemain-pemain muda," pungkasnya.