BolaSkor.com - Musim 2019-2020 telah memasuki fase akhir. Berbagai catatan menarik mewarnai kompetisi yang sempat terganggu dengan pandemi virus corona.

Salah satu yang menarik perhatian adalah terkait hadiah penalti. Tendangan yang dilakukan dengan jarak 11 meter dari garis gawang ini bisa menentukan kemenangan sebuah klub.

Tak jarang hal ini berubah menjadi kontroversi. Ada klub yang mendapat keuntungan tapi tak sedikit yang gusar karena dirugikan.

Baca Juga:

5 Pemain yang Sempat Mendapatkan Label Titisan Cristiano Ronaldo dan Nasibnya Kini

5 Pemain LaLiga 2019-20 yang Berkontribusi Besar Usai Pulih dari Cedera

5 Fakta Menarik Mengenai Target Transfer Arsenal, Thomas Partey

Demi mengantisipasi polemik terkait penalti, FIFA melakukan sebuah terobosan menggunakan teknologi. Penerapan regulasi Video Assistant Referee (VAR) menjadi salah satu solusinya.

Namun beberapa hari terakhir, penggunaan VAR justru semakin memperkeruh polemik hadiah penalti. Hal ini menimbulkan asumsi ada sejumlah klub yang dibantu wasit.

Pada ajang LaLiga dan Premier League, tuduhan tersebut mengerucut kepada Real Madrid dan Manchester United. Kedua tim top Eropa itu dianggap terlalu sering mendapat hadiah penalti.

Namun benarkah tuduhan tersebut? BolaSkor.com telah merangkum klub-klub yang paling banyak mendapat hadiah penalti di lima liga top Eropa sepanjang musim 2019-2020 seperti di bawah ini:

1. Manchester United (Premier League)

Bruno Fernandes menjadi salah satu eksekutor penalti andalan Manchester United

Tuduhan Manchester United terlalu sering mendapat penalti memang terbukti benar. Hingga Premier League memasuki pekan ke-34, Setan Merah telah 13 kali diganjar hadiah ini.

Dari 13 kesempatan, Manchester United sukses mencetak sembilan gol. Sementara empat sisanya gagal.

Jumlah tersebut jauh meningggalkan klub-klub Premier League lainnya. Manchester City berada di peringkat kedua dengan sepuluh hadiah penalti meski hanya enam yang mampu dikonversi menjadi gol.

Chelsea menjadi klub Premier League paling efektif dalam memanfaatkan hadiah penalti. The Blues sukses menyapu bersih tujuh kesempatan menjadi gol.

Update 26 Juli 2020: 14 Penalti


2. Villarreal (LaLiga)

Santi Cazorla menyumbang delapan gol dari titik penalti untuk Villarreal di LaLiga 2019-2020

Sementara tuduhan Real Madrid paling sering mendapat hadiah penalti di LaLiga tak terbukti. Hingga pekan ke-35, status tersebut dipegang oleh Villarreal.

The Yellow Submarine sudah sebelas kali mendapat hadiah penalti. Sepuluh di antaranya mampu dikonversi menjadi gol.
'
Sementara Real Madrid baru sepuluh kali mendapat hadiah penalti. Jumlah tersebut sama dengan yang diperoleh Real Mallorca dan Athletic Bilbao.

Namun Madrid menjadi satu-satunya klub yang sukses mengonversi sepuluh kesempatan tersebut menjadi gol. Enam gol dicetak Sergio Ramos sedangkan Karim Benzema menambah empat sisanya.

Barcelona yang menjadi rival utama Madrid hanya dihadiah enam penalti oleh wasit. Jumlah tersebut lebih sedikit dari yang diterima Atletico Madrid yaitu delapan buah.


3. Lazio (Serie A)

Ciro Immobile mencetak sebelas gol dari titik penalti untuk Lazio di Serie A 2019-2020

Lazio menjadi klub Serie A yang paling banyak mendapat hadiah penalti pada musim 2019-2020. Hal ini cukup mengejutkan karena biasanya hal ini lebih identik dengan Juventus.

Meski Serie A baru memasuki pekan ke-31, Lazio sudah 15 kali dihadiahi penalti. Jumlah tersebut lebih banyak dari yang diperoleh Villarreal atau Manchester United dengan laga lebih banyak.

Dari 15 penalti, Lazio sukses mengonversi 13 di antaranya menjadi gol. Ciro Immobile menjadi eksekutor terbanyak dengan catatan sebelas gol dan sekali gagal.

Peringkat kedua ditempati Genoa dengan 14 penalti. Namun empat eksekutor Il Rossoblu gagal melaksanakan tugasnya.

Juventus, Inter Milan, dan Sampdoria menempati peringkat ketiga. Ketiga klub sama-sama dihadiahi sepuluh penalti.


4. Bayern Munchen (Bundesliga)

Robert Lewandowski menjadi salah satu eksekutor penalti andalan Bayern Munchen

Pemberian hadiah penalti di ajang Bundesliga lebih merata. Empat klub berada di peringkat teratas dalam daftar ini dengan koleksi enam buah.

Empat klub yang mendapat enam hadiah penalti adalah Bayern Munchen, Freiburg, Werder Bremen, dan Borussia Monchengladbach. Namun hanya Die Roten yang mampu mengonversi semuanya menjadi gol.

Sementara klub-klub lain juga memiliki torehan yang tak jauh berbeda. Hal ini tentu sebuah fakta yang cukup menarik.


5. Paris Saint-Germain (Ligue 1)

Ligue 1 2019-2020 dihentikan secara prematur efek pandemi virus corona. Paris Saint-Germain (PSG) dinobatkan sebagai juara saat kompetisi baru memasuki pekan ke-28.

PSG nyatanya juga menjadi satu dari dua klub yang dihadiahi penalti terbanyak musim ini dengan jumlah delapan buah. Enam di antaranya mampu dikonversi menjadi gol.

Jumlah delapan penalti sama dengan yang dikumpulkan Lille. Namun tim asuhan Christophe Galtier hanya sukses mencetak lima gol.

Dari daftar di atas terbukti hanya PSG dan Bayern Munchen, klub dengan jumlah hadiah penalti terbanyak yang menjadi juara. Sementara dari tiga tim lainnya, cuma Lazio yang masih berpeluang mengikuti hal tersebut meski terbilang sulit.