Daftar Lengkap Calon Sementara Exco PSSI Periode 2023-2027

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 31 Januari 2023
Daftar Lengkap Calon Sementara Exco PSSI Periode 2023-2027
Ketua KP PSSI Amir Burhanuddin menyerahkan dokumen DCS Exco PSSI ke KBP yang diwakili Gusti Randa. (PSSI)

BolaSkor.com - Komite Pemilihan (KP) merilis Daftar Calon Sementara (DCS) Komite Eksekuitf atau Exco PSSI periode 2023-2027, Selasa (31/1). Lima bakal calon Ketum PSSI dinyatakan memenuhi syarat dan lolos sebagai DCS.

Kelima nama yang diloloskan itu di antaranya La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis. Artinya tidak ada bakal caketum yang gugur dalam proses awal ini.

Sementara itu, ada 16 bakal calon Waketum PSSI yang dinyatakan memenuhi syarat. Sedangkan lima nama lainnya harus gugur.

Kelima nama yang gugur antara lain Achsanul Qosasi, Azrul Ananda, Bambang Pamungkas, Iwan Budianto, dan Ponaryo Astaman. Mereka pun tidak dapat mengajukan banding ke Komite Banding Pemilihan atau KBP.

Kemudian untuk anggota Exco PSSI, dari total 78 bakal calon, KP hanya meloloskan 53 nama untuk ke tahap berikutnya sebagai DCS. Dari 53 nama itu, terdapat para Exco petahana atau yang saat ini sedang menjabat, seperti Ahmad Riyadh, Dirk Soplanit, Endri Erawan, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaiman, Juni A Rachman, Pieter Tanuri, Vivin Cahyani, dan Yunus Nusi.

Bahkan lima di antara Exco petahana itu juga namanya masuk sebagai DCS Waketum PSSI. Mereka antara lain Ahmad Riyadh, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaiman, Juni A Rachman, dan Yunus Nusi. Dalam DCS Waketum juga ada nama Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Baca Juga:

Termasuk Erick Thohir dan La Nyalla, KP Loloskan 5 Bakal Calon Ketum PSSI sebagai DCS

Piala Dunia U-20 2023 Bakal Meriah, Ada Tur Trofi dan Opening Ceremony

Drawing Piala Dunia U-20 2023 Digelar pada 1 April

Sementara itu, sejumlah nama besar dinyatakan tidak lolos sebagai DCS Exco PSSI, seperti Achsanul Qosasi, Agustiar Sabran, Ahmad Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), Kurniawan Dwi Yulianto, Munafri Arifuddin (Direktur PSM), Purwanto (mantan wasit), Raffi Ahmad (pemilik RANS Nusantara, selebriti), dan Ratu Tisha Destria (mantan Sekjen PSSI).

Sebelumnya, Achsanul dan Agustiar memang sudah menyatakan tidak bersedia untuk dicalonkan. Sedangkan Raffi Ahmad disinyalir terganjal aturan harus aktif minimal lima tahun di sepak bola Indonesia.

Lalu terkait Ratu Tisha, meski tidak diloloskan sebagai calon anggota Exco, tetapi namanya terdaftar sebagai calon wakil ketua umum atau waketum. Ini bisa terjadi karena kemungkinan Tisha hanya mengembalikan formulir kesediaan sebagai calon Waketum PSSI.

Setelah pengumuman DCS ini, tahapan berikutnya adalah pengajuan banding para calon yang tidak lolos penyaringan KP ke Komite Banding Pemilihan (KBP). Proses ini berlangsung pada 1-3 Februari.

Kemudian pada 4 dan 5 Februari, KBP melakukan pemeriksaan dokumen banding yang diajukan sebelum diumumkan Daftar Calon Tetap atau DCT pada 6 Februari. Nantinya calon yang tertera di DCT akan bertarung dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan Exco PSSI periode 2023-2027 pada 16 Februari.

Pssi KLB PSSI Erick thohir Ratu Tisha Destria Azrul Ananda Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.241

Bagikan