Daftar Pemenang Penghargaan Piala Afrika 2021: Dominasi Senegal

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 07 Februari 2022
Daftar Pemenang Penghargaan Piala Afrika 2021: Dominasi Senegal
Sadio Mane dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Afrika 2021. (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Afrika 2021 resmi berakhir usai Senegal keluar sebagai juara. Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) juga telah mengumumkan para pemenang penghargaan turnamen ini.

Senegal menggondol gelar juara setelah mengalahkan Mesir pada partai final. Dalam laga yang berlangsung di Paul Biya Stadium, Senin (7/2) dini hari WIB, Lions of Teranga menang lewat drama adu penalti.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Senegal kemudian memenangi babak tos-tosan dengan skor 4-2.

Baca Juga:

Piala Afrika 2021: Drama Adu Penalti Antar Senegal Raih Gelar Perdana

Deretan Fakta Menarik dari Kesuksesan Senegal Juara Piala Afrika 2021

Piala Afrika 2021: Kamerun Amankan Peringkat Ketiga dengan Dramatis

Senegal pun sukses meraih gelar Piala Afrika perdananya. Mereka juga menebus kegagalan pada edisi sebelumnya saat takluk dari Aljazair di partai final.

Kesuksesan Senegal ini tak lepas dari penampilan apik dua bintangnya, Sadio Mane dan Edouard Mendy. Keduanya membuat tim asuhan Aliou Cisse tajam saat menyerang dan pertahanannya sulit ditembus.

Senegal total mencetak sembilan gol dan hanya kebobolan dua gol sepanjang turnamen. Mane menyumbang tiga gol dan menjadi eksekutor penalti penentu kemenangan di partai final.

Pemenang penghargaan Piala Afrika 2021.

Wajar jika akhirnya Mane dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Eropa 2021. kontribusinya memang nyaris tak tergantikan sepanjang turnamen.

Sayang, Mane gagal menyempurnakan kesuksesannya dengan gelar top skorer. Koleksi golnya masih kalah dari penyerang Kamerun, Vincent Aboubakar.

Aboubakar menjadi top skorer turnamen dengan koleksi 8 gol. Ini menjadi gelar hiburan tambahan bagi Kamerun yang finis di peringkat ketiga.

Satu trofi individu lain kembali jatuh ke tangan Senegal. Kali ini Mendy dinobatkan sebagai kiper terbaik.

Mendy baru bermain sejak laga ketiga fase grup. Namun ketangguhannya menjadi salah satu kunci Senegal meraih gelar termasuk saat menggagalkan dua penalti Mesir pada partai final.

Daftar lengkap penghargaan Piala Afrika 2021

Pemain Terbaik: Sadio Mane
Top Skor: Vincent Aboubakar
Kiper Terbaik: Edouard Mendy

Piala Afrika Senegal Sadio Mane Edouard Mendy Vincent Aboubakar Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan