Dampak Besar Erik ten Hag: Angkat Mentalitas Man United, Singkirkan Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 24 Februari 2023
Dampak Besar Erik ten Hag: Angkat Mentalitas Man United, Singkirkan Barcelona
Erik ten Hag (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United menjaga momentum dan masih berada dalam jalur perebutan untuk coba memenangi quadruple (empat) trofi. Di ajang Liga Europa Red Devils sukses melalui fase play-off melewati Barcelona.

Imbang 2-2 di Camp Nou, Man United meraih kemenangan dengan skor 2-1 di leg dua yang dihelat di Old Trafford, Jumat (24/02) dini hari WIB, hingga unggul agregat gol 4-3. Man United bahkan sempat tertinggal terlebih dahulu.

Barcelona mencetak gol di menit 18 dari penalti Robert Lewandowski. Penalti diberikan setelah Bruno Fernandes menjatuhkan Alejandro Balde di kotak penalti. Akan tapi gol itu justru itu memicu semangat tim tuan rumah.

Di babak kedua Man United melakukan comeback dan berbalik menang 2-1 melalui gol yang dicetak Fred (47') dan Antony (73'). Antony mencetak gol penentu kemenangan setelah ia dimasukkan Erik ten Hag di babak kedua.

Baca Juga:

Nantes 0-3 Juventus: Hat-trick Gol Di Maria Samai Catatan Inzaghi pada 2000

Hasil Liga Europa: Juventus Tekuk Nantes, Manchester United Singkirkan Barcelona

Informasi Tim dan Jadwal Undian 16 Besar Liga Europa 2022-2023

Antony dan Alejandro Garnacho yang masuk di babak kedua mampu menghadirkan ancaman di pertahanan Barcelona, sebab keduanya pemain cepat yang beroperasi di sayap. Ten Hag mengaku sudah merencanakan untuk memasukkan kedua pemain tersebut.

Pelatih asal Belanda juga memuji karakter kuat dari dalam skuad Man United dengan adanya beberapa pemain juara. Keberadaan mereka plus kemampuan Ten Hag meracik skuad mampu mengangkat mentalitas Man United.

“Itu adalah salah satu bagian dari rencana permainan. Jika kami dapat memasukkan Antony, Garnacho, jika Anda melebar, Anda memiliki kecepatan, berlari di belakang untuk mendribel bola dan Anda mendapatkan keyakinan," terang Ten Hag kepada BT Sport.

"Mereka sangat berani, mereka tidak takut siapa pun, terutama di depan Stretford End, mereka melawan pemain dan berlari di belakang dan itu memberi dorongan bagi tim."

"Kami memiliki beberapa kepribadian hebat dalam tim. Seperti Rafa (Raphael Varane) dan Lisandro Martinez, mereka melangkah maju. Saya sudah menyebutkan Antony dan Garnacho, mereka tidak takut pada siapa pun. Kami juga memiliki Bruno dan Casemiro tentunya."

"Kami memiliki beberapa kepribadian hebat dan jika dan ketika Anda mengalami kemunduran, mereka akan terus maju. Mereka melanjutkan dan mereka tangguh," tegas Ten Hag.

Menurut laporan reporter The Times, Paul Hirst, Ten Hag musim ini telah melakukan 16 pergantian di jeda antarbabak. Itu mengartikan kejeliannya melihat jalannya pertandingan, melakukan analisis, dan keberanian untuk membuat perubahan.

Pandit sepak bola TalkSPORT, Jason Cundy, salut dengan dampak besar yang diberikan Ten Hag untuk Man United. Dia menyebutnya sebagai pelatih terbaik di Premier League saat ini dan layak disejajarkan dengan Pep Guardiola.

"Ten Hag telah masuk dan dalam waktu yang relatif singkat dia mendapatkan para pemain ini, mendapatkan tangannya di skuad dan dia membentuk mereka menjadi tim yang sangat bagus," papar Cundy.

"Dia manajer yang brilian. Saya akan mengatakan saat ini dia sebagus manajer mana pun di Premier League. Saat ini, hasil demi hasil, saya menempatkannya di posisi yang sama dengan Pep Guardiola, saat ini tidak ada manajer yang lebih baik di Premier League selain Ten Hag."

"Salah satu hal tersulit yang dapat Anda lakukan sebagai manajer di level elit adalah mengubah arah permainan dalam 90 menit, untuk itulah manajer dibayar."

"Ada dua hal; dapatkah Anda membuat pemain lebih baik? Sudah dilakukannya. Dan bisakah Anda mengubah jalannya permainan dalam 90 menit? Dia melakukannya secara konsisten sekarang," urai Cundy.

Erik ten Hag Manchester United Liga Europa Barcelona FC Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan